Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 YouTuber Indonesia yang Punya Subscriber Terbanyak

Kompas.com - 26/06/2023, 10:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konten kreator di YouTube atau disebut YouTuber menjadi salah satu profesi di bidang digital yang dilirik oleh banyak orang. Sebagian besar mungkin setuju bahwa YouTuber bisa dijadikan ladang untuk mendulang pendapatan dalam jumlah banyak.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai macam kreator yang mengunggah konten-konten menarik dengan berbagai macam kategori. Mulai dari teknologi, kecantikan, kesehatan, olahraga, games, dan masih banyak lagi.

Tidak sedikit juga para selebriti atau aktor mulai merambah ke YouTube untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Nah, semakin menarik konten yang diunggah, hal tersebut dapat meningkatkan jumlah subscriber satu akun. Jika ditaksir, akun yang memiliki 1 juta subscriber (pelanggan) bisa meraup keuntungan sekitar puluhan juta rupiah.

Baca juga: Aturan Terbaru, Punya 500 Subscriber Sudah Bisa Dapat Uang dari YouTube

Akan tetapi, hal tersebut kembali lagi pada faktor Adsense. Adsense adalah konten iklan yang kerap muncul di dalam video. Adsense nantinya ditentukan oleh cost per mile (CPM), yakni bayaran yang diterima YouTuber untuk kelipatan setiap 1.000 view di video mereka.

Jadi, semakin banyak video ditonton, secara teori, semakin banyak pula pendapatan yang diraup. Selain adsense, YouTuber juga bisa mendapatkan "cuan" dari sektor lain. Salah satunya lewat YouTube Partner Program (YPP) yang kini syaratnya semakin dipermudah.

Lantas, siapa saja YouTuber atau kanal Youtube Indonesia yang memiliki subscriber terbanyak? Berikut daftarnya.

1. Ria Ricis (32,6 juta subscriber)

Ria RicisYouTube Rumah Ricis Ria Ricis

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Social Blade, Senin (26/6/2023), Ria Yunita atau biasa dikenal Ria Ricis menjadi kreator asal Indonesia yang memiliki subscriber terbanyak. Jumlahnya mencapai 32,6 juta dengan total view sebanyak 5,9 triliun penonton.

Artinya, keseluruhan konten yang sudah diunggah Ria Ricis sudah ditonton sebanyak 5,9 miliar kali. Dengan memiliki jumlah pengikut sebanyak itu, estimasi pendapatan yang diraup kreator sebanyak 13.800 dollar AS hingga 220.500 dollar AS per bulannya.

Jika dirupiahkan, jumlah pendapatan tersebut setara dengan Rp 206,4 juta sampai Rp 3,2 miliar (estimasi kurs hari ini Rp 14.456).

2. Atta Halilintar (30,4 juta subscriber)

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah menyiapkan mobil warna pink untuk putri mereka, Ameena.Instagram @attahalilintar Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah menyiapkan mobil warna pink untuk putri mereka, Ameena.

YouTube Indonesia dengan subscriber terbanyak kedua adalah Atta Halilintar. Kanal YouTube tersebut memiliki subscriber sebanyak 30,4 juta dengan total view seluruh video 4,3 miliar.

Seperti yang diketahui, Atta kerap mengunggah konten vlog yang bertema Entertainment. Dari hasil video tersebut, Atta tercatat mampu meraup keuntungan sebesar 6.000 dollar AS hingga 96.200 dollar AS (Rp 89,7 juta — Rp 1,4 miliar).

Baca juga: YouTuber Ditangkap Polisi gara-gara Cuplikan Gameplay Video Game

3. Frost Diamond (28,8 juta subscriber)

YouTuber yang bertengger di posisi ketiga dengan subscriber terbanyak adalah Frost Diamond. Kanal YouTube ini berfokus pada konten-konten game, berbeda dengan dua kreator sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com