Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Anak-anak di AS Lebih Suka Nonton YouTube ketimbang TikTok

Kompas.com - 15/06/2023, 17:02 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Variety

KOMPAS.com - YouTube menjadi aplikasi yang paling banyak diakses anak-anak dibanding TikTok. Setidaknya begitu menurut survei yang dilakukan kepada anak-anak di Amerika Serikat (AS).

Temuan ini terbilang menarik mengingat popularitas TikTok di antara pengguna smartphone baik anak-anak maupun dewasa.

Menurut survei online yang digagas oleh firma riset Giraffe Insights, 9 dari 10 anak yang terlibat dalam survei di AS, mengakses konten di YouTube. Angka ini lebih tinggi ketimbang 4 dari 10 anak yang mengakses TikTok.

Survei berjudul "Precise Advertiser Report: Kids" (PARK) itu juga menanyakan responden soal bagaimana mereka akhir-akhir ini mengonsumsi konten.

Sebesar 86 persen di antaranya menjawab bahwa mereka mengonsumsi konten di YouTube, disusul video on-demand (VOD) 63 persen, game 50 persen, dan TikTok 38 persen.

Baca juga: Riset: 41 Persen Warga AS Setuju TikTok Diblokir

Pertanyaan lainnya dalam survei itu, yaitu terkait aplikasi mana yang paling disukai. Sebesar 43 persen anak-anak mengatakan YouTube sebagai aplikasi yang paling disukai.

Lagi-lagi, TikTok meraih persentase yang lebih rendah dibanding YouTube, karena hanya 21 persen anak-anak yang menyatakan suka TikTok.

Survei ini juga menanyakan orang tua, aplikasi mana yang mereka khawatirkan ketika dipakai anak-anak. Jawabannya adalah TikTok, dengan persentase 49 persen. YouTube juga termasuk platform yang dikhawatirkan, tetapi persentasenya lebih kecil, yaitu 34 persen.

Perlu dicatat bahwa survei ini melibatkan 2.000 responden dari anak-anak dengan rentang usia 2-12 tahun di AS, dihimpun KompasTekno dari Variety, Kamis (15/6/2023). Tujuan dari survei ini sendiri adalah untuk memahami tren konsumsi konten di antara audiens usia muda dan meningkatkan pendekatan terbaik untuk menjangkau mereka di seluruh platform.

TikTok jadi aplikasi paling banyak diunduh di dunia

Seperti disinggung di atas, TikTok populer di kalangan pengguna smartphone di seluruh dunia. TikTok bahkan menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh sepanjang tahun 2022, seperti laporan perusahaan riset Apptopia pada Januari lalu.

Menurut laporan Apptopia, jumlah unduhan baru TikTok secara global bahkan mengalahkan total unduhan aplikasi pesaingnya, Instagram.

Secara teknis Apptopia menghitung jumlah unduhan antara 1 Januari - 20 Desember 2022 di iOS maupun Android. Namun khusus di China, Apptopia hanya menghitung jumlah unduhan di iOS.

Baca juga: Kalahkan Instagram, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh di Dunia

Apptopia menghitung total download berdasarkan unduhan setiap satu pengguna. Jadi, pengguna yang melakukan uninstal aplikasi kemudian menginstalnya lagi, tidak masuk dalam perhitungan.

Selain itu, pengguna yang mengunduh ulang aplikasi yang sama pada perangkat baru juga tidak dihitung, apabila mereka memakai akun Google atau Apple yang sama.

Menurut riset Apptopia, aplikasi TikTok diunduh 672 juta kali. Angka ini mengantarkan aplikasi video singkat itu sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada tahun 2022. Rekor yang sama juga diraih TikTok selama tiga tahun terakhir secara berturut-turut.

Di sisi lain, Instagram menduduki posisi kedua dengan total 548 juta kali unduhan pada tahun 2022. Aplikasi pesan instan yang juga dinaungi Meta, WhatsApp berada di posisi ketiga dengan total download 424 juta kali pada tahun yang sama.

Aplikasi lainnya yang paling banyak diunduh di dunia pada 2022 meliputi aplikasi Capcut, Telegram, Facebook hingga aplikasi game. Berikut rinciannya.

10 aplikasi yang paling banyak di-download di 2022

  1. TikTok - 672 juta kali
  2. Instagram - 548 juta kali
  3. WhatsApp - 424 juta kali
  4. CapCut - 357 juta kali
  5. Snapchat - 330 juta kali
  6. Telegram - 310 juta kali
  7. Subway Surfers - 304 juta kali
  8. Facebook - 298 juta kali
  9. Stumble Guys - 254 juta kali
  10. Spotify - 238 juta kali
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com