Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Ubah Logo Android, Kepala "Robot Hijau" Jadi Bentuk 3D

Kompas.com - 27/06/2023, 10:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google pekan ini resmi mengubah logo sistem operasi (OS) smartphone Android. Logo Android yang diadopsi beralih dari gaya desain yang serba rata alias flat
menjadi tiga dimensi (3D).

Bagian yang paling terlihat adalah "kepala android" yang tampil lebih mencolok. Dengan desain 3D, tampilan robot hijau ini akan lebih terlihat mengilap dan terkesan lebih hidup dari logo sebelumnya.

Konon, logo kepala robot Android dalam bentuk 3D ini sudah muncul di sejumlah event yang dihadiri Google, salah satunya adalah Consumer Electronic Show (CES) 2023 pada Januari lalu.

Logo 3D tersebut juga kabarnya tampil di beberapa material promosi Google seperti di papan iklan (banner), iklan layanan Google di internet, dan lain sebagainya.

Baca juga: Studi: HP Android Lebih Gampang Dipakai Ketimbang iPhone

Berikut ini adalah perbandingan logo lama dan baru Android.

Ilustrasi logo lama (kiri) dan baru (kanan) OS Android dari Google.9to5Google Ilustrasi logo lama (kiri) dan baru (kanan) OS Android dari Google.

 

Selain bentuknya yang menjadi 3D, huruf "a" yang ada di tulisan "android" kini diubah menjadi huruf kapital "A". Sehingga, tulisan OS Android kini akan menjadi "Android".

Selain itu, jenis teks yang digunakan juga kini tak mengusung tampilan flat, melainkan membulat alias rounded.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Selasa (27/6/2023), Google belum mengumbar apa alasan mereka mengubah logo OS Android.

Namun, mereka memastikan bahwa hal tersebut, begitu juga informasi terkait lainnya yang lebih detail, akan disampaikan dalam beberapa waktu ke depan. 

Meski alasan dan informasi mendetail dari perubahan logo ini belum jelas, ada kemungkinan bahwa logo ini akan menyertai pembaruan OS Android terbaru di masa depan, seperti di OS Android 14

Baca juga: Eropa Ingin iPhone Dibikin Seperti Android Jadul

Artinya, pengguna yang memiliki ponsel Android 14 akan bisa melihat logo baru OS Android ini yang memiliki teks rounded dan kepala robot dengan desain 3D.

Adapun logo tersebut akan muncul di sejumlah elemen tampilan ponsel, baik itu dari tampilan ketika ponsel menyala alias boot screen, tampilan sejumlah aplikasi dan layanan Google, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com