Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Robot Android Mini Pertama di Dunia, Buatan Karyawan "Nomor 9" Xiaomi

Kompas.com - 22/06/2023, 19:20 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Li Ming dikenal sebagai seorang tokoh terkemuka di industri teknologi sekaligus merupakan salah satu anggota pendiri Xiaomi, tepatnya karyawan nomor 9.

Kini, Li Ming telah hengkang dari industri smartphone dan memilih mendirikan perusahaan rintisan (startup) sendiri bernama "Optimist" pada April 2023.

Nah, baru-baru ini, bersama startup barunya (Optimist), Li Ming memperkenalkan "JoyfulRobotics", robot desktop Android yang interaktif dan bisa dipersonalisasi sepenuhnya oleh pengguna.

Tak hanya itu, robot JoyfulRobotics ini juga disebut-sebut sebagai robot Android canggih pertama di dunia. Lantas, apa saja kemampuan robot JoyfulRobotics bikinan karyawan nomor 9 Xiaomi ini?

Wujud dan fitur JoyfulRobotics

Untuk bodi, robot JoyfulRobotics memiliki elemen mirip kepala. Kepala bagian depan itu memiliki bidang datar tempat dibenamkannya layar berukuran 2,1 inci.

Kepala itu juga dihiasi elemen mirip telinga di sisi kanan dan kirinya. Kedua telinga tersebut dihiasi lampu LED yang bisa menyala ketika robot berinteraksi dengan pengguna.

Sebagai robot, JoyfulRobotics juga dilengkapi dengan dua kaki yang menopangnya. Sehingga robot ini bisa diletakkan di meja dan menemani pengguna ketika kerja, belajar, makan, atau mengerjakan aktivitas lainnya.

Karena didesain interaktif, kepala robot ini bisa bergoyang, kakinya pun bisa melangkah.

Li Ming mengungkapkan, JoyfulRobotics beroperasi di atas sistem GeeUI. Sistem ini memungkinkan berbagai mode interaksi manusia-mesin. Saat peluncuran, pengguna akan memiliki akses ke mode pet (hewan peliharaan) elektronik, mode fungsi, dan mode hybrid.

Mantan anggota pendiri Xiaomi, Li Ming memperkenalkan robot Android mini baru yang interaktif, bernama JoyfulRobotics.GizmoChina Mantan anggota pendiri Xiaomi, Li Ming memperkenalkan robot Android mini baru yang interaktif, bernama JoyfulRobotics.
Dalam video demo yang dibagikan, dalam mode pet, layar JoyfulRobotics akan menampilkan animasi dua bola mata. Dua bola mata itu akan menatap pengguna layaknya hewan peliharaan, ketika pengguna beraktivitas.

Baca juga: Mobil Listrik Xiaomi Tertangkap Kamera Saat Uji Coba di Jalan

Jadi, karena didesain interaktif, robot JoyfulRobotics ini diajak berinteraksi lewat perintah suara. Di luar obrolan berbahasa Mandarin, robot tersebut memiliki kemampuan untuk menyampaikan emosi melalui ekspresi, seperti dalam mode pet seperti video demo di bawah.


Robot juga bisa diajak interaksi lewat gerakan, input sentuh, dan bahkan melalui smartphone.

Layar JoyfulRobotics juga bisa menampilkan informasi seperti waktu, pengingat pesan, berita terhangat, harga saham, dan panggilan masuk.

Robot ini dilengkapi dengan kemampuan pengisian nirkabel (wireless charging) dan dukungan untuk pengisian kabel USB-C, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Kamis (22/6/2023).

Di China, JoyfulRobotics ini dijual seharga 1.799 yuan atau sekitar Rp 3,7 juta. Robot ini disebut juga akan dipasarkan ke pasar global. Namun, belum ada rincian negara mana saja yang bakal menjual JoyfulRobotics ini.

Baca juga: Pidato Ulang Tahun, Pendiri Xiaomi Sebut Nama Karyawati Pabrik di Batam

Tentang Li Ming, eks-karyawan No. 9 Xiaomi

Sebagai anggota pendiri No. 9, Li Ming disebut telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesuksesan Xiaomi.

Sebelum membangun startup barunya, Li Ming memegang posisi penting seperti manajer umum Departemen Platform Pengguna Xiaomi, wakil manajer umum Divisi Peralatan Rumah Tangga Xiaomi, direktur produk senior rantai ekologi Xiaomi, hingga direktur operasi TV Xiaomi.

Kini, Li Ming dilaporkan memimpin Optimist, startup yang bergerak di bidang hardware AI+ sebagai CEO. Produk pertama Optimist adalah robot desktop Android JoyfulRobotics. 

Baca juga: Sejarah Xiaomi, Lahir Bernama Dami hingga Termuda di Fortune 500

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com