Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Telegram Kedatangan Fitur Stories Mirip Instagram

Kompas.com - 29/06/2023, 07:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Telegram

KOMPAS.com - Platform perpesanan Telegram mengumumkan akan merilis fitur Stories pada awal bulan Juli mendatang.

Seperti fitur Stories di Facebook, Meta, dan Instagram, pengguna nantinya bisa mengunggah gambar atau video pendek yang akan menghilang dalam waktu tertentu. Bedanya, pengguna bisa memilih durasi kedaluwarsa Stories yang diunggah mulai dari 6, 12, 24, hingga 48 jam.

"Selama bertahun-tahun, pengguna Telegram meminta kami untuk mengimplementasi fitur Stories di platform perpesanan itu," tulis CEO Telegram, Pavel Durov.

"Awalnya, kami menentang permintaan ini karena fitur Stories sudah ada di mana-mana. Namun, Telegram tidak akan menjadi Telegram jika kami tidak mendengarkan pengguna dan tidak berinovasi pada format (fitur) yang ada," imbuhnya.

Baca juga: WhatsApp Bikin Emoji Animasi Mirip Telegram?

Dalam sebuah video yang dibagikan Durov, pengguna bisa melihat tampilan fitur Stories yang akan hadir di Telegram. Stories akan ditempatkan di bagian atas chat sehingga lebih mudah diakses dan memiliki bentuk lingkaran seperti fitur Stories di media sosial lainnya.

Barisan Stories ini bisa disembunyikan dengan mengetuk layar, sehingga daftar chat terlihat minimalis.

Begitu lingkaran diketuk, pengguna dapat menyaksikan Stories dari berbagai teman di platform perpesanan tersebut.

Bila ingin membuat Stories sendiri, pengguna dimungkinkan untuk memilih siapa saja yang bisa melihat Stories yang dibuat. Akses ini dibagi menjadi semua orang, semua orang di daftar kontak dengan pengecualian, beberapa kontak yang dipilih, dan teman dekat (Close Friends).

Akses privasi yang ditawarkan Telegram Stories.Akses privasi yang ditawarkan Telegram Stories. Pengguna juga bisa menggunakan kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan ketika membuat Stories. Akses privasi yang ditawarkan Telegram Stories.
Hal ini berbeda dengan opsi privasi di fitur Stories milik Instagram yang terbagi menjadi dua saja, yakni semua orang dan teman dekat.

Nah, Stories nantinya akan mendukung captions, serta foto dan video yang diambil menggunakan kamera depan atau kamera belakang secara bersamaan.

Pengguna juga bisa membalas (reply) Stories tersebut secara privat atau memberikan reaksi berupa emotikon (emoji).

Pengguna juga bisa menyimpan Stories secara permanen di profil, masing-masing dengan pengaturan privasinya sendiri.

Baca juga: Selamat Tinggal YouTube Stories

Telegram Stories bisa disimpan secara permanen dan ditampilkan di profilTelegram Telegram Stories bisa disimpan secara permanen dan ditampilkan di profil

Terakhir, pengguna bisa menyembunyikan Stories yang tidak ingin dilihat dengan memindahkan kontak tersebut ke daftar "Hidden". Pengguna juga dapat memposting ulang (repost) Stories dari kanal Telegram (channel).

Menurut Durov, fitur Stories sedang dalam tahap pengujian akhir dan akan diluncurkan pada awal Juli.

"Ini akan menandai era baru di Telegram, di mana platform tersebut akan menjadi lebih menyenangkan dari sebelumnya," tutup Durov sebagaimana dikutip KompasTekno dari Telegram, Kamis (29/6/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com