Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Satu Akun WhatsApp di HP Android dan iPhone Sekaligus

Kompas.com - 30/06/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apakah bisa menggunakan satu akun WhatsApp di dua HP (handphone)? Pengguna sekarang sudah bisa menggunakan satu akun WhatsApp atau disingkat WA, di dua HP hingga empat HP secara bersamaan.

Kemampuan login satu nomor WA di dua HP tersebut tak lepas dari fitur bernama Companion Mode. Fitur Companion Mode memungkinkan pengguna untuk login satu akun WA di beberapa perangkat sekaligus.

Baca juga: Cara Mengunci Chat WhatsApp di iPhone biar Tak Dibuka Sembarangan

Secara pengoperasian, fitur Companion Mode mirip dengan menautkan akun WA di HP perangkat utama pada WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop. Bedanya, akun WA di HP perangkat utama kini bisa ditautkan di HP pendamping lain melalui Companion Mode.

Fitur Companion Mode secara resmi digelontorkan pada sekitar akhir April lalu. Namun, saat awal rilis, fitur ini hanya tersedia di aplikasi WhatsApp untuk HP Android. Lalu, belakangan ini, fitur Companion Mode sudah hadir pula di aplikasi WhatsApp untuk iPhone.

Dengan hadirnya fitur Companion Mode di HP Android dan iPhone, pengguna sekarang berarti bisa menggunakan satu akun WA di dua HP, baik untuk dua HP Android, dua iPhone, maupun kombinasi HP Android dan iPhone sekaligus.

Lantas, bagaimana cara menggunakan satu nomor WA di dua HP, HP Android dan iPhone sekaligus? Cara menggunakan satu nomor WA di dua HP cukup mudah. Intinya pengguna harus menautkan akun WA yang ada di HP utama ke HP pendamping.

Bila tertarik untuk mencobanya, berikut adalah penjelasan mengenai cara menggunakan satu nomor WA di dua HP, kombinasi HP Android dan iPhone.

Cara menggunakan satu nomor WA di dua HP

  • Siapkan aplikasi WhatsApp di HP pendamping yang jadi target untuk menautkan akun WA di HP utama.
  • Buka aplikasi WhatsApp di HP pendamping yang masih belum terdaftar akun sama sekali atau berada dalam halaman pengaturan awal.
  • Pada halaman memasukkan nomor telepon pada aplikasi WhatsApp di HP pendamping, silakan klik opsi “Tautkan Perangkat Ini”.
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga aplikasi WhatsApp di HP pendamping menampilkan kode QR untuk menautkan akun.
    Ilustrasi cara menggunakan satu akun nomor WA di dua HP.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan satu akun nomor WA di dua HP.
  • Setelah tersedia, silakan pindai kode QR tersebut dengan aplikasi WhatsApp di HP utama.
  • Pada aplikasi WhatsApp di HP utama yang sudah terdaftar akun, silakan buka menu “Pengaturan” dan klik opsi “Perangkat Tertaut”.
  • Kemudian, klik opsi “Tautkan Perangkat” dan kamera pemindaian bakal terbuka. Arahkan kamera itu ke kode QR yang terdapat pada aplikasi WhatsApp di HP pendamping.
  • Jika pemindaian berhasil, akun WA dan isinya bakal masuk dan tersinkronisasi di HP pendamping
    Tampilan satu akun WA di dua HP, kombinasi antara HP Android sebagai HP utama (kiri) dan iPhone sebagai HP pendukung (kanan).KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan satu akun WA di dua HP, kombinasi antara HP Android sebagai HP utama (kiri) dan iPhone sebagai HP pendukung (kanan).

Cukup mudah bukan cara menggunakan satu nomor WA di dua HP? Pengguna bisa menautkan akun WA dari HP Android sebagai HP utama ke iPhone sebagai HP pendamping dan sebaliknya.

Di aplikasi WhatsApp HP utama, pengguna bisa mengontrol akun yang tertaut di HP pendamping. Pengguna bisa mengeluarkan akun WA yang tertaut di HP pendamping kapan pun di opsi “Perangkat Tertaut” pada aplikasi WhatsApp HP utama.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Penyimpanan WhatsApp Penuh padahal Sudah Dihapus

Fitur Companion Mode memudahkan pengguna saat ingin mengakses satu akun WA di dua HP yang berbeda. Dengan fitur ini, pengguna tak perlu logout akun WA di satu HP dan login di HP yang berbeda untuk mengakses akun WA yang sama.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menggunakan satu nomor WA di dua HP, dengan kombinasi HP Android dan iPhone sekaligus, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com