Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencari Ide Judul Skripsi dengan Chat GPT dan Contoh Perintahnya

Kompas.com - 03/07/2023, 15:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Chat GPT adalah program Artificial Intelligence (AI) berbasis Language Model buatan OpenAI yang dapat menjawab aneka pertanyaan dan perintah pengguna. Kemampuan itu dapat dimanfaatkan untuk membantu berbagai aktivitas.

Salah satunya adalah membantu mengerjakan skripsi atau karya ilmiah akhir untuk pendidikan tingkat sarjana. ChatGPT bisa membantu pengguna untuk menyelesaikan beberapa proses pengerjaan skripsi, termasuk mencari idel judulnya.

Baca juga: 5 Tips Memanfaatkan ChatGPT untuk Membantu Menghasilkan Uang

Pencarian ide judul skripsi bisa menjadi proses yang cukup menyulitkan bagi pengguna, apalagi mereka yang belum terbiasa dalam aktivitas riset. Dengan ChatGPT, pengguna bisa mendapatkan ide judul skripsi yang nanti dapat dikembangkan lebih mendalam lagi.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Chat GPT untuk mencari ide judul skripsi? Bila tertarik untuk mencobanya, berikut adalah penjelasan mengenai cara mencari ide judul skripsi dengan Chat GPT.

Cara mencari ide judul skripsi dengan Chat GPT

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pengguna dapat mulai menulis prompt atau teks perintah pada ChatGPT untuk menyajikan beberapa judul skripsi yang bisa dikerjakan sesuai kebutuhan.
  • Setelah prompt terkirim, ChatGPT bakal menyajikan beberapa judul skripsi sesuai dengan perintah atau permintaan pengguna.
  • Pengguna bisa meminta ChatGPT buat menyajikan tanggapan versi lain dengan klik opsi “Regenerate response”.

Ilustrasi cara mencari ide judul skripsi di Chat GPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mencari ide judul skripsi di Chat GPT.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mencari ide judul skripsi dengan Chat GPT. Untuk dapat menghasilkan tanggapan yang sesuai dengan keinginan, prompt Chat GPT menjadi kunci utama.

Pengguna harus menjelaskan dengan detail di prompt Chat GPT tentang keinginannya. Dalam hal mencari ide judul skripsi, pengguna dapat memakai beberapa prompt Chat GPT seperti yang tertera pada contoh di bawah ini.

Contoh prompt Chat GPT buat mencari ide judul skripsi

  • Saya adalah mahasiswa jurusan “X” dan sedang ingin menyusun skripsi. Tolong sajikan beberapa judul skripsi jurusan “X” dengan tema/topik/permasalahan tentang “ABCD”.
  • Saya ingin mengerjakan skripsi untuk jurusan “X”. Sajikan beberapa judul skripsi terkait dengan subjek/variabel independen “X” dan objek/variabel dependen “Y”.
  • Tolong sajikan beberapa judul skripsi dengan menggunakan teori “X” tentang masalah “Y” untuk jurusan kuliah “Z”.

Itulah beberapa contoh prompt Chat GPT yang dapat dipakai ketika pengguna hendak mencari ide judul skripsi. Pengguna bisa menyusun kata-kata prompt Chat GPT dengan bebas, asalkan dapat menjelaskan dengan detail.

Dengan Chat GPT, pengguna bisa mengerjakan skripsi dengan lebih mudah. Akan tetapi, meski menjadi lebih mudah, terdapat beberapa keterbatasan ChatGPT yang perlu diketahui, sehingga bisa menggunakannya dengan bijak.

Keterbatasan ChatGPT

Penting dicatat, dalam menyusun skripsi, pengguna hendaknya tidak mengambil langsung informasi yang disampaikan Chat GPT. Sebab, ChatGPT masih memiliki potensi untuk menyajikan informasi yang tidak akurat.

Informasi yang disajikan Chat GPT hendaknya hanya dipakai sebagai contoh atau bahan mentah untuk menyusun skripsi. Pengguna harus senantiasa memeriksa atau memverifikasi kembali validitas informasi yang disajikan Chat GPT.

Baca juga: 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Bing AI, Termasuk Bikin Gambar dari Teks

Kemudian, untuk diketahui pula, ChatGPT punya keterbatasan dalam segi pemahaman informasi atau peristiwa di konteks waktu tertentu. ChatGPT saat ini hanya dibekali pemahaman informasi sampai 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com