BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Samsung

Cuma Pakai Samsung Galaxy A54 5G, Ini 5 Tip Menghasilkan Foto Bokeh Artsy

Kompas.com - 05/07/2023, 14:10 WIB
Anissa DW,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu jenis fotografi yang menjadi favorit banyak orang dalam mengambil foto adalah foto bokeh. Foto ini menonjolkan subyek utama dengan fokus yang tajam, sedangkan latarnya, bak di depan maupun belakang, tampak blur atau kabur.

Foto bokeh bisa diterapkan untuk berbagai subyek foto, mulai dari manusia, hewan, hingga benda. Pengambilan foto bokeh sendiri membutuhkan trik fotografi khusus, seperti mengatur bukaan lensa (aperture), kecepatan shutter, dan focal length.

Meski begitu, kamu juga bisa menghasilkan foto bokeh dengan menggunakan kamera smartphone, seperti Samsung Galaxy A54 5G, lho. Penasaran bagaimana caranya? Berikut adalah lima tip menghasilkan foto bokeh yang artsy dengan mid-range smartphone terbaru Samsung tersebut.

1. Atur jarak dengan subyek foto

Pengaturan jarak dengan subyek foto menjadi salah satu kunci untuk menghasilkan foto bokeh dengan efek blur yang maksimal. Agar bisa menghasilkan foto bokeh, kamu perlu mendekat dengan subyek yang hendak dipotret. Subyek disarankan berjarak 50 cm hingga 2 m dari kamera.

Selain itu, pastikan juga jarak subyek dengan latar belakang atau background tidak terlalu dekat. Pasalnya, semakin jauh jarak antara subyek foto dengan background, maka latar belakang yang terpotret akan semakin blur atau buram.

2. Kunci fokus kamera

Untuk menghasilkan foto bokeh dengan latar buram sempurna, kamu perlu memastikan bahwa fokus kamera sudah terkunci pada subyek utama foto. Pasalnya, jika fokus kamera kurang presisi, hasil buram pada background tidak akan maksimal.

Baca juga: Mudah dan Praktis, Begini Cara Aktifkan Berbagai Fitur Penunjang Gaming pada Samsung Galaxy A34

Oleh karena itu, pastikan fokus kamera sudah terkunci sebelum mengambil gambar agar fokus dan pencahayaan tidak berubah. Caranya, pilih subyek utama foto, lalu tekan layar kamera selama beberapa detik hingga lingkaran fokus muncul. Kemudian kunci lingkaran tersebut.

3. Aktifkan grid lines

Grid lines atau camera grid merupakan alat bantu visual berupa garis horizontal dan vertikal yang membagi layar menjadi tiga bagian. Garis ini dapat memandu kamu untuk menempatkan subyek foto agar terpotret lebih fokus.

Untuk menghasilkan foto bokeh secara mudah, kamu bisa menempatkan subyek foto di tengah layar. Kamu juga bisa bereksperimen dengan menempatkan subyek di salah satu sisi grid lines untuk menghasilkan perspektif foto yang berbeda.

4. Pilih background tepat

Pemilihan background yang tepat juga menjadi kunci untuk menghasilkan foto bokeh yang artsy dan unik. Ketimbang memotret subyek dengan latar polos, seperti warna hitam atau putih, lebih baik mencari background yang lebih “ramai”.

Sebagai contoh, untuk menghasilkan foto bokeh seseorang dengan background yang unik, kamu bisa memanfaatkan lampu-lampu perkotaan sebagai latar. Pendaran cahaya lampu yang tampak blur dapat menambah warna sekaligus menonjolkan subyek pada foto.

Baca juga: Tetap Bisa Rekam Konser Musik secara Jelas dari Area Tribune, Begini Caranya!

5. Gunakan mode khusus di Samsung Galaxy A54 5G

Samsung Galaxy A54 5G sudah dibekali dengan kamera canggih dan berbagai mode fotografi untuk yang bisa disesuaikan dengan hasil potret yang diinginkan.

Sebagai contoh, Portrait Mode yang dapat memberikan efek dramatis dan bokeh pada foto. Diberitakan Kompas.com, Kamis (30/3/2023), dengan mode ini, kamu juga bisa mengatur tingkat kerapatan bokeh dan jenis bokeh yang dihasilkan pada setiap bidikan foto.

Untuk mengaktifkan mode portrait, kamu tinggal menggeser mode pemotretan yang terdapat di atas tombol shutter.

Samsung Galaxy A54 5G.Samsung Samsung Galaxy A54 5G.

Hasil foto bokeh yang dihasilkan juga makin cantik berkat kehadiran kamera utama beresolusi 50 MP dengan aperture f/1.8. Kamera ini lebih canggih ketimbang kamera utama pada generasi sebelumnya, Samsung Galaxy A53 5G. Pasalnya, kamera 50 MP itu kini dilengkapi sensor Sony IMX766 dengan ukuran sensor 1/5.6 inci serta tiap piksel berukuran 1 mikron.

Selain itu, kamera tersebut juga memiliki Optical Image Stabilization (OIS) dengan sudut 1,5 derajat untuk membantu mengurangi guncangan saat mengambil foto. Lalu, ada pula all-pixel autofocus 100 persen yang membuat foto lebih tajam dengan fokus yang baik.

Untuk menemani kamera 50 MP, Samsung Galaxy A54 5G juga memiliki kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera makro 5 MP (f/2.4).

Baca juga: Agar Makin “Ngacir”, Begini Cara Mengaktifkan Game Launcher dan Game Booster pada Samsung Galaxy A34 5G

Berdasarkan pengalaman tim Kompas Tekno menjajal Samsung Galaxy A54 5G pada Sabtu (27/5/2023), kamera ultrawide 12 MP itu bisa memotret gambar dengan bidang pandang yang lebih luas dengan hasil yang jernih dan tajam.

Sementara itu, kamera makronya dapat digunakan untuk memotret subyek kecil dengan jarak superdekat, yaitu 3-5 cm. Foto yang dihasilkan pun detail dan tajam.

Itulah lima tip yang bisa diterapkan untuk menghasilkan foto bokeh. Kamu bisa terus bereksperimen dengan kamera Samsung Galaxy A54 5G untuk menghasilkan foto bokeh yang unik dan sesuai gaya kamu.

Untuk informasi lebih lengkap tentang smartphone tersebut, kamu bisa mengunjungi tautan ini.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com