Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Music Meluncur di Indonesia, Aplikasi Streaming Musik Pesaing Spotify

Kompas.com - 07/07/2023, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bytedance, induk platform media sosial populer TikTok, resmi meluncurkan layanan streaming musik buatan mereka, TikTok Music di pasar Indonesia, Kamis (6/7/2023) pekan ini. 

Serupa dengan Spotify, Youtube Music, Apple Music, dkk, TikTok Music memungkinkan pengguna mendengar dan menikmati lagu favorit mereka secara online.

Bedanya, TikTok Music merupakan layanan streaming musik yang tidak bisa dinikmati secara gratis. Di Spotify dan Youtube Music, pengguna masih bisa menikmati lagu favorit mereka secara gratis meski mereka harus mendengarkan iklan terlebih dahulu. 

Baca juga: TikTok Ingin Rambah Bisnis Penerbitan Buku

Untuk biaya berlangganan sendiri, Bytedance mematok layanan TikTok Music dengan harga Rp 44.900 per bulan (khusus iOS Rp 49.000 per bulan) untuk Paket Individu.

Ada pula paket berlangganan Rp 24.500 per bulan untuk Paket Pelajar, dan Rp 79.000 per bulan untuk Paket Keluarga (maksimal 6 akun).

Ilustrasi fitur TikTok Music.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi fitur TikTok Music.

Dengan biaya berlangganan ini, pengguna akan bisa mendengarkan seluruh lagu populer yang sedang trending atau berseliweran di For Your Page (FYP) TikTok pengguna saat ini.

Mereka juga bisa mendengarkan lagu-lagu populer lainnya yang dirilis beragam musisi lokal maupun internasional.

Selain itu, pengguna juga bisa mendengarkan lagu tanpa iklan, serta mengunduh (download) lagu-lagu yang mereka pilih supaya bisa didengarkan secara offline. Bisa dibilang, beberapa fitur inti yang ada di TikTok Music memang mirip Spotify dan Youtube Music. 

Baca juga: Daftar Harga Gift TikTok Terbaru, Termurah Mulai Sekitar Rp 250

Salah satu yang menjadi fitur pembeda adalah TikTok Music bisa melakukan sinkronisasi dengan akun TikTok pengguna.

Sehingga, lagu-lagu favorit yang pengguna dengar di TikTok, yang biasanya hanya cuplikan beberapa detik saja, bisa dinikmati secara penuh di TikTok Music.

 

Ilustrasi fitur TikTok Music.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi fitur TikTok Music.

Tertarik menjajal TikTok Music, Anda bisa mengunjungi laman https://music.tiktok.com/. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh TikTok Music di toko aplikasi App Store (iOS), Play Store (Android), atau PC Windows dan Mac dengan tautan berikut ini: 

Layanan musik Resso disetop 5 September 2023

Bersamaan dengan kehadiran TikTok Music, Bytedance turut mengumumkan bahwa mereka bakal menghentikan layanan streaming musik serupa, yaitu Resso di Indonesia pada 5 September 2023 mendatang. 

Bytedance mengatakan bahwa pengguna Resso dapat memindahkan akun dan paket berlangganannya ke TikTok Music dengan satu klik via aplikasi Resso atau TikTok Music.

Informasi selengkapnya mengenai TikTok Music dan penutupan layanan Resso bisa disimak dalam tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com