Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Nova Y71 Meluncur dengan Baterai Jumbo 6.000 mAh

Kompas.com - 07/07/2023, 08:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Huawei meluncurkan smartphone baru dari lini seri Nova, yaitu Nova Y71. Smartphone ini dirilis secara global melalui situs resmi perusahaan.

Fitur yang diunggulkan oleh Huawei Nova Y71 yaitu layar seluas 6,76 inci serta baterai jumbo 6.000 mAh.

Spesifikasinya lainnya juga tak kalah menarik, termasuk tiga kamera belakang hingga RAM 8 GB. Berikut rincian spesifikasinya.

Spesifikasi Huawei Nova Y71

Huawei Nova Y71 tampil dengan layar LCD TFT 6,76 inci, disertai resolusi HD Plus (1.600 x 720), rasio layar ke bodi 90,26 persen dan 16,7 juta warna.

Layarnya dihias dengan poni cukup mini untuk menunjang kamera depan ponsel.

Adapun punggung ponsel dibalut dengan penampang minimalis dengan modul kamera di sudut kiri atasnya.

Kameranya sendiri disusun secara vertikal, berdampingan dengan lampu LED flash. Resolusinya terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.8), kamera ultrawide 5 MP (f/2.2) dan sensor kedalaman 2 MP (f/2.4).

Ada pula kamera depan yang bisa dipakai untuk swafoto atau panggilan video dengan resolusi 8 MP (f/2.0).

Pada aspek daya, Huawei Nova Y71 dilengkapi baterai berkapasitas 6.000 mAh. Kapasitas ini diklaim bisa membuat ponsel mampu bertahan sampai seminggu dalam kondisi standby.

Untuk pengisian ulangnya, Huawei menyertakan dukungan fast charging 22,5 watt.

Spesifikasi dan harga Huawei Nova Y71Huawei Spesifikasi dan harga Huawei Nova Y71

Huawei tak menjelaskan chip apa yang menjadi otak Nova Y71. Namun ada kemungkinan ponsel ini ditenagai chip Kirin, bikinan Huawei, dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (6/7/2023).

Adapun RAM-nya hadir dalam kapasitas 8 GB dipadukan dengan penyimpanan internal 128 GB. Bila dirasa kurang, pengguna bisa memperluas penyimpanannya melalui microSD, hingga kapasitas 512 GB.

Fitur lainnya yang turut melengkapi Huawei Nova Y71 yaitu colokan audio 3,5 mm, USB-C, Bluetooth 5.1, pemindai sidik jari di samping ponsel (side-mounted) dan konektivitas 4G.

Untuk urusan software, Huawei juga tak mengumbar sistem operasi (OS) yang digunakan. Yang jelas, ponsel ini dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) EMUI 12.

Perlu dicatat bahwa ponsel-ponsel Huawei saat ini tidak dibekali layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS). Sehingga, pemilik smartphone besutan Huawei tidak dapat menggunakan layanan dari Google seperti toko aplikasi Google Play Store, peta Google Maps, dan lain-lain.

Sebagai gantinya, ponsel ini mengandalkan ekosistem buatan sendiri bernama Huawei Mobile Services (HMS) dengan toko aplikasi bernama Huawei App Gallery.

Adapun Huawei Nova Y71 hadir dalam dua opsi warna, yaitu Gold dan Black.

Harga Huawei Nova Y71

Huawei Nova Y71 tersedia di Afrika Selatan dan akan hadir di sejumlah negara lainnya beberapa hari ini. Di Afrika Selatan, Huawei Nova Y71 dibanderol seharga 4999 Rand Afrika Selatan atau setara sekitar Rp 3,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com