Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garansi Panel TV Tak Lagi 5 Tahun, Ini Kata Sharp

Kompas.com - 06/07/2023, 14:08 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sharp Electronics Indonesia resmi merilis TV XLED Sharp Aquos FV1 Series di pasar Tanah Air, Rabu (5/7/2023). Televisi ini menjadi TV dengan panel Mini LED pertama Sharp di Tanah Air.

TV XLED Sharp Aquos FV1 diketahui menyediakan layanan purna jual berupa garansi 5 tahun untuk komponen dan 1 tahun untuk layar perangkat.

Padahal, dulunya Sharp memberikan perlindungan untuk panel televisi berukuran 24 inci hingga 80 inci selama 5 tahun. Lantas, apa yang melatarbelakangi perubahan layanan garansi tersebut?

Menurut AUVI Product Head Division PT Sharp Electronics Indonesia, Ardy Sofyan, kebijakan ini diambil karena kerusakan layar televisi umumnya hanya terjadi pada tahun pertama penggunaan.

Baca juga: Alasan Sharp Baru Jual TV Mini LED di Indonesia

"Karena dari data atau klaim yang ada, kerusakan layar itu hanya sampai satu tahun. Lebih dari satu tahun, layar TV biasanya jarang rusak," jawab Ardy dalam sela peluncuran TV XLED Sharp Aquos FV1 Series di Hotel Mulia, Jakarta Pusat.

"Jadi, kami cukup menawarkan satu tahun saja. Selain itu, ada banyak Sharp Service Center di Indonesia, jadi sangat dipermudah kalau layar televisi memang rusak," katanya kepada KompasTekno.

Dengan garansi panel yang terbatas pada satu tahun saja, Sharp Electronics Indonesia tidak lagi menjadi pabrikan televisi dengan garansi panel terpanjang.

Sebagai perbandingan, TV Aqua serta Polytron (4K Android TV) memiliki garansi layar 5 tahun, Hisense 4 tahun, Xiaomi 3 tahun, dan TCL juga 3 tahun.

Sebaliknya, Sharp Indonesia memiliki garansi layar terpendek bersamaan dengan Samsung, Sony, LG, Toshiba, serta Panasonic. Semua vendor itu menyediakan layanan garansi panel selama 1 tahun saja.

Spesifikasi TV XLED Sharp Aquos FV1 di Indonesia

Untuk diketahui, TV XLED Sharp Aquos FV1 hadir di Indonesia dengan dua model yang berbeda, yakni 65 inci (4T-C65FV1) dan model 75 inci (4T-C75FV1). Seperti yang sebelumnya sudah dipaparkan, televisi ini dibekali panel Mini LED.

Baca juga: Apa Itu XLED, Teknologi TV Baru yang Akan Diboyong Sharp ke Indonesia?

Layar Mini LED menggunakan lampu (backlight) LED dengan ukuran yang lebih kecil (mini) dibanding backlight LED yang digunakan televisi konvensional.

Backlight LED televisi terbaru Sharp ini berukuran lebih 1/10 kecil dibanding TV perusahaan yang sebelumnya, sehingga Sharp bisa memasang lampu LED yang 88 kali lebih banyak di satu panel.

Jumlah backlight LED yang banyak ini memungkinkan Sharp untuk mengatur tingkat peredupan lampu di satu area dengan lebih presisi.

Panel Mini LED tersebut memiliki 2.000 zona peredupan (dimming zone), yang memungkinkan penampilan kontras dan kecerahan yang tinggi serta warna hitam yang lebih pekat dibanding TV LED pada umumnya.

Layar juga dilengkapi teknologi Deep Chroma QD yang meningkatkan cakupan gamut warna lebih luas 20 persen ketimbang TV Aquos sebelumnya.

Selengkapnya, pengguna bisa menyimak spesifikasi dan harga TV XLED Sharp Aquos FV1 lewat artikel "Sharp Aquos FV1 Meluncur, TV Mini LED Pertama Sharp di Indonesia".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com