Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Name Tag MPLS 2023 di Microsoft Word, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 12/07/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Di beberapa sekolah, kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS 2023 bakal berlangsung dalam waktu dekat ini. MPLS 2023 diselenggarakan untuk menyambut siswa baru dalam jenjang SMP ataupun SMA/SMK.

Untuk menyambut siswa baru SMP atau SMA/SMK, dalam MPLS 2023, panitia penyelenggara biasa menyiapkan beberapa hal, salah satunya seperti name tag, tanda pengenal, atau kartu identitas bagi siswa baru.

Baca juga: Cara Membuat Twibbon MPLS 2023 Sendiri buat Sambut Siswa Baru TK, SD, SMP, dan SMA

Name tag MPLS 2023 berupa kertas cetak berisi identitas siswa baru seperti nama dan kelompok. Name tag MPLS 2023 bisa dibuat dengan berbagai cara. Lantas, bagaimana cara membuat name tag MPLS 2023?

Cara membuat name tag MPLS 2023 itu cukup mudah. Pengguna atau panitia penyelenggara salah satunya dapat memakai aplikasi pengolah kata Microsoft Word (Word) yang umum tersedia di desktop, untuk membuat name tag MPLS 2023.

Bila tertarik untuk menggunakannya, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat name tag MPLS 2023 di Word dengan mudah dan praktis.

Cara membuat name tag MPLS 2023 di Word

  • Buka aplikasi Word di desktop dan mulai buat halaman pengerjaan baru.
  • Atur halaman dengan format tampilan horizontal agar bisa memuat banyak desain name tag MPLS 2023.
  • Cara membuat halaman dengan format tampilan horizontal bisa dilakukan melalui menu “Layout” dan klik opsi “Horizontal”.
  • Selanjutnya, mulai buat background name tag MPLS 2023. Pengguna bisa mengakses menu “Insert” dan “Shapes”, lalu pilih elemen persegi.
  • Atur lebar dan panjang persegi sesuai kebutuhan. Pada persegi itu, pengguna juga bisa menambahkan elemen lain untuk membuat background name tagMPLS 2023.
    Ilustrasi cara membuat name tag MPLS 2023 di Word.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat name tag MPLS 2023 di Word.
  • Setelah background dirasa sesuai, pengguna dapat menambahkan elemen pelengkap name tag MPLS 2023, seperti logo Tut Wuri Handayani, teks acara, dan kolom identitas.
  • Logo Tut Wuri Handayani bisa diunduh di tautan ini. Untuk menambahkan logo itu ke background name tag MPLS 2023, pengguna bisa klik menu “Insert”, lalu pilih opsi “Pictures” dan pilih logo yang telah tersimpan di desktop.
  • Selanjutnya, pengguna juga bisa menambahkan teks dengan menyisipkan elemen Text Box yang terdapat di opsi “Shapes”.
  • Setelah elemen pelengkap ditambahkan semua, silakan atur posisinya sesuai kebutuhan.
  • Jika sudah sesuai, pengguna bisa menyatukan semua elemen tadi agar menjadi satu bagian. Caranya klik tiap elemen, lalu klik kanan dan pilih opsi “Group”.
    Ilustrasi cara membuat name tag MPLS 2023 di Word.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat name tag MPLS 2023 di Word.
  • Bila templat name tag MPLS 2023 telah dibuat, pengguna bisa menyalinnya berkali-kali sesuai kebutuhan untuk dicetak nanti.

Cukup mudah bukan cara membuat name tag MPLS 2023 di Word? Sebagai informasi, cara membuat name tag MPLS 2023 di Word di atas dijajal pada aplikasi Microsoft Word 2019 pada desktop berbasis MacOS.

Baca juga: 5 Aplikasi AI Art Generator buat Bikin Gambar dari Teks, Ada Canva dan Midjourney

Beda platform untuk mengakses mungkin bakal berbeda pula langkahnya. Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat membuat name tag MPLS 2023 di Microsoft Word, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com