Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OpenSignal: Kecepatan Download Telkomsel Naik 25 Persen

Kompas.com - 14/07/2023, 15:56 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telkomsel menjadi operator seluler dengan pengalaman mobile terbaik pada Juni 2023 lalu, berdasar riset yang dirilis oleh OpenSignal.

Menurut riset tersebut, Telkomsel unggul dalam empat kategori, yaitu pengalaman streaming video, kecepatan upload, kecepatan download, dan pengalaman jangkauan (coverage experience).

Bahkan menurut OpenSignal, kecepatan download Telkomsel mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan hasil riset pada akhir 2022 lalu, yaitu dari rata-rata 17,6 Mbps menjadi 22 Mbps, atau naik sekitar 25,2 persen.

Baca juga: IndiHome Resmi Gabung Telkomsel Mulai Hari Ini

Operator biru, XL Axiata menyusul di belakang Telkomsel dengan kecepatan download rata-rata 21,1 Mbps. Duo Hutchison 3 dan Indosat Ooredoo yang kini menjadi satu perusahaan mencatat skor download yang sama, yaitu 15,3 Mbps.

Di urutan terakhir ada Smartfren dengan kecepatan download rata-rata 12,6 Mbps.

Riset kecepatan download operator seluler di Indonesia oleh OpenSignal pada Juni 2023.OpenSignal Riset kecepatan download operator seluler di Indonesia oleh OpenSignal pada Juni 2023.

"Selain itu, Telkomsel juga tetap menjadi pemenang kategori Upload Speed Experience dengan mencatat kecepatan upload rata-rata 9,5 Mbps," tulis laporan OpenSignal, dikutip KompasTekno, Jumat (14/7/2023).

Baca juga: Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel via Online, Tanpa ke GraPARI

Angka tersebut menurut OpenSignal naik sekitar 8,2 Mbps dibandingkan dengan akhir 2022 lalu.

Di kategori pengalaman video, Telkomsel menjadi satu-satunya operator seluler di Indonesia yang mendapatkan rating Good (skor 58-68 poin), yaitu dengan skor 60,4 poin (skala 100 poin).

Telkomsel unggul 2,6 poin dibandingkan Hutchison Tri Indonesia yang berada di urutan kedua.

Dengan skor ini, artinya kebanyakan pengguna Telkomsel bisa streaming video kualitas 720p ke atas, dengan waktu loading sedikit.

Sementara Hutchison 3, Indosat, dan XL masing-masing berada di kategori Fair (58-68 poin), sementara Smartfren berada di urutan terakhir dengan skor 46,4 poin atau kategori Poor (di bawah 48).

Ketersediaan jaringan Telkomsel di Indonesia diwakili dengan warna hijau.OpenSignal Ketersediaan jaringan Telkomsel di Indonesia diwakili dengan warna hijau.

Dalam hal pengalaman ketersediaan jaringan, atau coverage experience, Telkomsel memimpin dengan skor 8,9 poin (skala 0-10).

Metrik ini mengukur jangkauan jaringan seluler di suatu tempat di mana orang tinggal, bekerja, dan bepergian, yang mewakili pengalaman yang diterima pengguna saat mereka bepergian di sekitar area, di mana mereka secara wajar diharapkan bisa menemukan jaringan.

Menyusul di belakangnya secara berturut-turut adalah Hutchison 3 dan Indosat (4,9 poin), XL Axiata (4,6 poin), dan Smartfren (2,3 poin).

Untuk melihat laporan Mobile Network Experience Juni 2023 yang lebih lengkap dari OpenSignal, kunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com