Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Restorasi Foto Lama dengan AI, Bisa Bikin Gambar Buram Jadi Jernih

Kompas.com - 16/07/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat berbagai macam teknologi Artificial Intelligence (AI) yang bisa dimanfaatkan untuk membantu beragam aktivitas pengguna, termasuk melakukan restorasi atau pemulihan foto lama menjadi seperti baru lagi.

Teknologi AI yang dapat melakukan pengolahan data gambar semacam itu biasa disebut juga dengan AI Image Generator. Pengguna bisa memakai AI Image Generator untuk restorasi foto lama.

Baca juga: 5 Aplikasi AI Art Generator buat Bikin Gambar dari Teks, Ada Canva dan Midjourney

AI Image Generator dapat memperbaiki warna dan tekstur dari data foto yang diinput pengguna. Sehingga, foto lama yang mungkin gambarnya sudah tampak buram bisa menjadi jernih dan memiliki warna yang tajam.

Proses perbaikan dan pengolahan gambar dari AI Image Generator itu berjalan secara otomatis. Jadi, pengguna hanya perlu memasukkan foto lama yang hendak direstorasi agar gambarnya jelas dan AI Image Generator bakal mengolahnya secara otomatis.

Lantas, bagaimana cara restorasi foto lama dengan AI? Saat ini, terdapat banyak sekali website yang menyediakan layanan AI Image Generator dengan fitur restorasi foto lama, salah satunya adalah website Replicate.

Bila tertarik untuk mencobanya, berikut adalah penjelasan mengenai cara restorasi foto lama dengan AI di website Replicate.

Cara restorasi foto lama dengan AI

  • Buka website Replicate ini https://replicate.com/ dan pilih menu “Image Restoration”.
  • Selanjutnya, pilih alat AI Image Generator yang hendak dipakai dengan gaya restorasi sesuai keinginan.
  • Unggah foto lama yang hendak direstorasi.
  • Selanjutnya, klik opsi “Submit”.
  • Tunggu beberapa saat (3-5 menit) hingga website menyajikan hasil restorasi dari foto tersebut.
  • Setelah hasil olahannya keluar, pengguna bisa klik opsi “Download” untuk mengunduh foto yang telah direstorasi tersebut.

Ilustrasi cara restorasi foto lama dengan AI.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara restorasi foto lama dengan AI.

Cukup mudah bukan cara restorasi foto lama dengan AI? Pengguna sama sekali tak memerlukan langkah yang panjang supaya bisa melakukan restorasi foto lama dengan AI Image Generator.

Baca juga: Viral Lagu Bersuara Orang Lain, Begini Cara Bikinnya Pakai AI Voice Generator

Pengguna cukup memasukkan foto lama yang hendak direstorasi dan AI Image Generator yang bakal melakukan tugasnya secara otomatis. Demikianlah penjelasan seputar cara restorasi foto lama dengan AI, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com