Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Murah Tapi Kencang, Ini Rekomendasi SSD yang Sedang Turun Harga

Kompas.com - 17/07/2023, 12:15 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Harga media penyimpanan solid-state drive (SSD) terjun bebas. Pada Maret lalu, harga SSD tercatat sudah anjlok sekitar 30 persen, terhitung sejak awal 2023.

Penyebabnya adalah kelebihan pasokan chip flash memory NAND yang digunakan di medium storage komputer tersebut, sementara angka permintaan melesu.

Para pemain industri pun kelimpungan karena pendapatan ikut merosot. Firma riset pasar Trendforce, misalnya, pada Juni lalu melaporkan revenue SSD enterprise global anjlok hampir 50 persen pada kuartal-I 2023, dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: Perbedaan SSD dan HDD pada Perangkat Komputer

Hal tersebut membawa angin segar untuk konsumen karena harga jual SSD ikut menurun sebagai imbasnya. Pada Maret 2023 saja average selling price (ASP) NAND secara global dilaporkan turun lebih dari 20 persen. Penurunan harga SSD berlanjut hingga sekarang.

Kondisi serupa juga terjadi di Indonesia. Dibandingkan tahun lalu, harga SSD komputer, baik tipe M.2 (NVMe dan SATA) maupun SATA 2,5 inci mengalami penurunan signifikan.

Karena itu, jika Anda sedang membutuhkan storage ekstra berkecepatan tinggi, sekarang mungkin saat yang tepat untuk upgrade.

Ada banyak pilihan SSD M.2 dan SATA 2,5 inci dari berbagai merek di pasaran, berikut ini beberapa rekomendasi menarik dari pengamatan KompasTekno di marketplace online.

SSD M.2 NVMe murah

Di antara semua jenis SSD konsumen, M.2 NVMe adalah yang terkencang. Secara keseluruhan harganya menurun, tapi beberapa merek, tipe, dan kapasitas tertentu menunjukkan penurunan lebih kentara.

1. Adata Gammix S70 Blade 1 TB
Kisaran harga Rp 900.000

SSD M.2 NVMe Adata Gammix S70 BladeAdata SSD M.2 NVMe Adata Gammix S70 Blade
Dengan interface PCIe 4.0 x4, Gammix S70 Blade adalah salah satu SSD terkencang dari Adata di Indonesia. Kecepatan bacanya mencapai 7.400 MB per detik, dengan kecepatan tulis hingga 6.800 MB per detik.

Spesifikasi lainnya tidak main-main karena SSD dengan controller Innogrit IG5236 ini turut dibekali DRAM DDR4, SLC Caching, dan juga datang dengan heatsink untuk dipasang sendiri oleh pengguna.

Menariknya, harga Gammix S70 Blade 1 TB justru miring, yakni di kisaran Rp 900.000, lebih murah dari SSD lain di kelas dan kapasitas sama yang rata-rata masih dibanderol lebih dari Rp 1 juta.

2. Adata SX8200 Pro 1 TB
Kisaran harga Rp 800.000

SSD M.2 NVMe Adata SX8200 ProAdata SSD M.2 NVMe Adata SX8200 Pro
SSD yang satu ini sudah lama dikenal sebagai flagship Adata di masa PCIe 3.0, sebelum digeser oleh saudara-saudaranya yang lebih baru

Meskipun kecepatannya lebih rendah dibanding produk-produk SSD PCIe 4.0, SX8200 Pro tetap layak dipertimbangkan karena masih terhitung kencang dengan kecepatan baca mencapai 3.500 MB per detik dan kecepatan tulis 3.000 MB per detik.

Baca juga: Sabrent Siapkan SSD Terkencang di Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com