Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Instagram Sebut Android Lebih Baik dari iOS

Kompas.com - 22/07/2023, 12:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Saat ini, pengguna smartphone bisa dibilang terpecah menjadi dua kubu utama, yakni pengguna ponsel berbasis sistem operasi (OS) Android dan iOS. Dari keduanya, pertanyaan seperti “siapa yang lebih baik?” kerap menjadi diskusi alot di dunia maya.

Yang menarik, belum lama ini CEO Instagram Adam Mosseri menyatakan bahwa Android lebih baik dari pada iOS.

Hal itu diutarakan Bos Instagram ketika menanggapi postingan Threads dari YouTuber teknologi Marques Brownlee alias "MKBHD".

MKBHD nge-thread menanyakan "TECH hot take" alias komentar "sensasional" soal perkembangan teknologi terkini. Mosseri pun menulis komentar berbunyi, "Android's now better than iOS" (Android sekarang lebih baik dari iOS).

Tangkapan layar komentar CEO Instagram Adam Mosseri yang menyebutkan Android kini lebih baik dari iOS.Ist Tangkapan layar komentar CEO Instagram Adam Mosseri yang menyebutkan Android kini lebih baik dari iOS.
Komentar Mosseri itu cukup menyita perhatian. Sebab, selama ini bos Instagram itu diketahui kerap menggunakan iPhone ketika tampil di media sosial pribadinya.

Baca juga: Bos Instagram Blak-blakan, Threads Hanya Dibuat dalam Waktu 5 Bulan

Komentar Mosseri itu mengumpulkan ribuan tanda suka (like) dan 498 balasan (replies). Sejumlah pengguna Threads menanggapi komentar Mosseri itu dengan meme dan komentar pro-kontra.

Sebagian pengguna menilai Android tidak lebih baik dari iOS, terutama dari sisi keamanan. Pengguna lain menyebut Android lebih baik dari iOS dari sisi kamera, personalisasi, kemudahan, harganya yang lebih murah, dan ada model ponsel lipat.

Sayangnya, Mosseri tidak memberikan penjelasan apapun soal bagian Android mana yang lebih baik dari iOS. Apakah secara keseluruhan, atau dari sisi aplikasi Threads dan Instagram, atau lainnya.

Instagram Android vs Instagram iPhone

Ketika Mosseri menyebut Android lebih baik dari iOS, ada pengguna yang skeptis dan bertanya, "apakah Mosseri pernah mencoba aplikasi Instagram versi Android?".

Hal itu dikarenakan, ada perbedaan yang jelas ketika mengunggah konten foto atau video lewat aplikasi Instagram iOS dan Instagram Android.

Alhasil, kini, ada kepercayaan di kalangan pengguna bahwa mengunggah foto/video lewat Android tak sebagus ketika mengunggah lewat aplikasi Instagram di iPhone.

Instagram di iPhone dinilai bisa menampilkan konten foto atau video dengan kualitas lebih bagus, lebih tajam, lebih mulus, dan stabil dibanding ketika mengunggah lewat Instagram Android.

Menurut laporan BGR, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (22/7/2023), alasan utama aplikasi iPhone tampaknya memiliki keunggulan dibandingkan Android adalah karena model iPhone hadir dalam pilihan yang lebih sedikit ketimbang Android.

Baca juga: Bos Instagram Blak-blakan, Akui Manfaatkan Kondisi Twitter untuk Rilis Threads

Di pasar global, pengguna dapat menemukan banyak model ponsel Android dengan berbagai rentang harga dari yang murah hingga mahal.

Masing-masing model menawarkan kemampuan, prosesor, layar, kamera, dan spesifikasi yang berbeda-beda. Hal ini berbeda dengan Apple yang biasanya hanya mengeluarkan empat model iPhone terbaru setiap tahunnya dengan sejumlah peningkatan spesifikasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com