Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivo Y27 Meluncur dengan Kamera 50 MP, Siap Hadir di Indonesia

Kompas.com - 21/07/2023, 12:15 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vivo Y27 resmi meluncur di sejumlah negara, Kamis (20/7/2023). Smartphone ini mengandalkan aspek baterai, kamera, dan RAM yang besar.

Lini seri Y merupakan lini produk Vivo yang ditujukan untuk segmen entry-level. Meski begitu, spesifikasi Vivo Y27 terbilang cukup tinggi di kelasnya. Misalnya saja pada aspek kamera utama yang beresolusi 50 MP.

Selain itu, Vivo Y27 juga didukung pengisian daya cepat (fast charging) sampai 44 watt. Dukungan itu cukup jarang ditemui di ponsel "murah".

Ponsel ini kemungkinan akan segera hadir di Indonesia. Pasalnya, perangkat ini sudah terdaftar di dua laman sertifikasi dalam negeri. Berikut spesifikasi Vivo Y27 versi global selengkapnya.

Spesifikasi Vivo Y27

Vivo Y27 didesain dengan layar LCD 6,64 inci yang dibekali resolusi 2.388 x 1.080. dan kecerahan sampai 600 nit. Layarnya juga memiliki poni berjenis tetesan air (waterdrop) untuk menunjang kamera depan ponsel.

Baca juga: Vivo X90s Meluncur Bawa Upgrade Chipset

Punggung ponsel dilapisi dengan penampang yang didesain memiliki efek kilau ketika terpapar cahaya, serta modul kamera yang disusun secara vertikal, disertai lampu flash LED.

Dapur pacunya ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G85, dipadukan dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Berkat fitur extended RAM, kapasitasnya bisa diperluas dengan meminjam sementara sebagian kapasitas memori internal, hingga sebesar 6 GB. Jadi, total RAM yang bisa didapat pengguna sampai 12 GB.

Pada aspek baterai, Vivo Y27 dibekali daya 5.000 mAh. Pengisian ulang dayanya didukung teknologi fast charging 44 watt. Dukungan ini diklaim bisa mengisi daya ponsel dari 0 persen sampai 29 persen hanya dalam 15 menit pengisian ulang.

Spesifikasi dan harga Vivo Y27Kompas.com/Lely Maulida Spesifikasi dan harga Vivo Y27

Di sisi belakang, ponsel ini dibekali dua kamera. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP (f/1.8). Sementara kamera kedua beresolusi 2 MP (f/2.4). Adapun kamera depannya memiliki resolusi 8 MP (f/2.0).

Sejumlah fitur penunjang fotografi dan videografi juga disematkan Vivo, meliputi mode Night, Portrait, Panorama, Live Photo, Slo-mo, Time-Lapse, hingga Pro.

Vivo Y27 berjalan dengan sistem operasi Android 13 dan dilapisi antarmuka Funtouch OS 13. Fitur lainnya yang ada di smartphone ini antara lain konektivitas 4G, WiFi dual-band, Bluetooth 5.0, radio FM, USB-C, dual nano-SIM hingga slot microSD.

Smartphone ini juga dilengkapi pemindai sidik jari di samping ponsel (side-mounted) yang menyatu dengan tombol daya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs Vivo Malaysia, Jumat (21/7/2023).

Baca juga: Vivo Y36 5G: Harga dan Spesifikasi di Indonesia

Harga Vivo Y27

Vivo Y27 dirilis di Malaysia dan India melalui situs resmi perusahaan. Adapun harganya dibanderol 699 ringgit Malaysia atau setara sekitar Rp 2,3 juta.

Di Malaysia, smartphone ini hadir dalam warna Sea Blue dan Burgundy Black, sementara di India dalam warna Garden Green dan Burgundy Black.

Di Indonesia, Vivo Y27 sudah muncul di situs sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian, sebagaimana pernah diulas di artikel "Vivo V29 dan Vivo Y27 Rilis di Indonesia Sebentar Lagi? ".

Jadi, ada kemungkinan smartphone ini juga segera hadir di Indonesia. Hingga saat ini, belum ada informasi resmi dari Vivo terkait ketersediaan ponsel ini di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com