Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Mengatasi Eror "Unprocessable entity" pada ChatGPT

Kompas.com - 23/07/2023, 13:44 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - ChatGPT adalah chatbot populer yang banyak digunakan pengguna untuk membantu dalam berbagai aspek, mulai dari penugasan hingga pekerjaan. Kemampuannya dalam menjawab pertanyaan yang luwes membuat chatbot dari OpenAI ini mampu menguraikan berbagai penjelasan sesuai dengan instruksi pengguna.

Namun demikian, ChatGPT tidak selalu berjalan lancar. Terkadang, chatbot ini mengalami eror. Salah satu kesalahan yang sering muncul adalah keterangan "Unprocessable entity" saat menggunakannya.

Lalu, apa penyebab eror ini muncul dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah penjelasan mengenai cara mengatasinya. 

Baca juga: 9 Situs Parafrase Online buat Bantu Bikin Tugas, Salah Satunya ChatGPT

Penyebab Kesalahan "Unprocessable entity" pada ChatGPT

Ketika kesalahan ini muncul, biasanya pengguna akan dihadapkan dengan keterangan "Unprocessable entity". Hal ini umumnya terjadi ketika server tidak dapat memproses data input yang dikirim dari browser Anda. Dengan kata lain, ChatGPT tidak dapat memahami instruksi Anda. BBerikut adalah beberapa penyebabnya

Karakter ilegal pada instruksi Anda

Jika muncul keterangan kesalahan "Unprocessable entity", periksa kembali instruksi Anda untuk melihat apakah terdapat karakter khusus yang dapat menyebabkan ChatGPT kesulitan dalam mengidentifikasi instruksi Anda.

Hal ini dapat terjadi jika Anda mencoba berkomunikasi dengan ChatGPT dalam bahasa selain bahasa Inggris.

Melebihi batas karakter

Meskipun ChatGPT biasanya terputus saat memberikan respons yang panjang, terkadang chatbot ini juga menolak untuk merespons. Salah satu penyebabnya adalah respons yang melebihi batas 4096 karakter pada ChatGPT.

Misalnya, jika Anda ingin membuat tulisan dengan jumlah karakter yang melebihi batas tersebut, maka dapat muncul kesalahan "Unprocessable entity".

Batasan permintaan

ChatGPT juga akan memblokir sementara akun Anda jika Anda mengirim terlalu banyak permintaan dalam waktu singkat. Hal ini dapat menyebabkan Anda melihat berbagai jenis eror, termasuk "Unprocessable entity".

Perlu diperhatikan bahwa jenis kesalahan ini umumnya ditemui dalam aplikasi web dan biasanya dikenal dengan kode status HTTP 422. Menurut MDN Web Docs Mozilla, pesan kesalahan ini umumnya berarti server memahami jenis konten dari entitas permintaan, namun tidak dapat memproses instruksi yang terkandung.

Cara Mengatasi Kesalahan "Unprocessable entity" pada ChatGPT

Jika Anda mengalami masalah yang sama saat mengakses ChatGPT, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi kesalahan "Unprocessable entity" yang dapat dicoba:

Kurangi jumlah karakter

Salah satu penyebab munculnya kesalahan "Unprocessable entity" adalah karena jumlah karakter instruksi terlalu banyak. Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi jumlah karakter khusus dalam instruksi Anda.

Gunakan kalimat dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia yang umum, sehingga chatbot akan merespons sesuai harapan tanpa munculnya eror "Unprocessable entity"

Berikan instruksi sesuai dengan pedoman yang berlaku

ChatGPT memiliki seperangkat pedoman dan aturan etika yang harus diikuti. Jika Anda mencoba memaksa chatbot untuk mengirimkan respons ilegal atau berpotensi berbahaya, Anda mungkin akan mendapatkan eror "Unprocessable entity".

Periksa sesi masuk

Kesalahan ini juga dapat terjadi karena sesi masuk Anda telah kedaluwarsa. Untuk mengatasi hal ini, coba logout dari akun ChatGPT dan masuk kembali. Selain itu, Anda juga dapat mencoba membuka ChatGPT di browser lain dan memeriksa koneksi internet Anda.

Baca juga: Profil Sam Altman, CEO Perusahaan ChatGPT yang Berkunjung ke Indonesia

Itulah cara mengatasi kesalahan "Unprocessable entity" pada ChatGPT. Semoga informasi ini bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com