Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kalinya, Jumlah Pengguna ChatGPT Turun

Kompas.com - 12/07/2023, 07:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Trafik dan jumlah pengunjung atau pengguna ChatGPT dilaporkan menurun untuk pertama kalinya. Ini terjadi pada Juni lalu.

Sebelumnya, popularitas chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bikinan OpenAI ini melejit lantaran mampu menjawab berbagai tugas/pertanyaan pengguna dengan luwes.

Menurut data dari firma analisis SimiliarWeb, trafik atau jumlah kunjungan pengguna di situs web atau aplikasi ChatGPT secara global menurun 9,7 persen dari Mei hingga Juni 2023. Di Amerika Serikat, penurunan pengguna ChatGPT tercatat hingga 10,3 persen dalam sebulan terakhir.

Baca juga: Bos ChatGPT Buka-bukaan Butuh Bantuan Indonesia

Trafik, jumlah pengunjung unik, dan waktu yang dihabiskan pengguna di ChatGPT menurun untuk pertama kalinya. SimiliarWeb Trafik, jumlah pengunjung unik, dan waktu yang dihabiskan pengguna di ChatGPT menurun untuk pertama kalinya.
Tak hanya trafik, tingkat pengunjung unik ChatGPT juga turun sebesar 5,7 persen.

Selain itu, jumlah waktu yang dihabiskan visitor di situs web ChatGPT juga dilaporkan menurun 8,5 persen dari di atas 8 menit per kunjungan menjadi kurang dari 8 menit per kunjungan.

Ini menandai pertama kalinya ChatGPT mengalami penurunan trafik bulanan dan pengunjung unik semenjak popularitasnya menanjak sejak November 2022.

OpenAI meluncurkan aplikasi ChatGPT di perangkat iOS pada bulan Mei dan telah diunduh 17 juta kali secara global. Kini, jumlah unduhan aplikasi ChatGPT juga terpantau mengalami penurunan.

Tidak ada alasan pasti di balik penurunan trafik, jumlah kunjungan, dan keterlibatan pengguna ChatGPT ini.

Namun, menurut laporan GizmoChina, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (12/7/2023), penurunan ChatGPT ini dikaitkan dengan liburan musim panas atau kenaikan kelas untuk sekolah dan mahasiswa.

Baca juga: Profil Sam Altman, CEO Perusahaan ChatGPT yang Berkunjung ke Indonesia

Dalam skenario lain, pengguna telah menghabiskan banyak waktu di ChatGPT dan memutuskan untuk "rehat" sejanak dari ChatGPT.

Meski demikian, SimiliarWeb melihat, ChatGPT masih lebih banyak menarik pengunjung dibandingkan kompetitornya seperti mesin pencari bing.com yang kini ditenagai AI dan chatbot Chracter.AI.

Sayangnya, data SimiliarWeb tidak mengungkap angka pasti jumlah trafik dan jumlah visitor unik ChatGPT. Namun sebelum pamornya dilaporkan menurun, ChatGPT disebut memiliki lebih dari 100 juta pengguna (user) dengan pengunjung sebanyak 1,8 miliar visitor setiap bulannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com