Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencari Buku Referensi Skripsi dengan Chat GPT dan Contoh Perintahnya

Kompas.com - 23/07/2023, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Skripsi atau karya ilmiah akhir pada pendidikan tingkat sarjana terdiri dari proses dan bagian yang harus dikerjakan pengguna. Salah satu proses tersebut adalah mencari buku referensi atau buku rujukan.

Dalam mencari buku referensi skripsi, terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan pengguna. Salah satu caranya yang paling umum adalah dengan mencari buku referensi skripsi langsung di perpustakaan.

Baca juga: 5 Tips Memanfaatkan ChatGPT untuk Membantu Menghasilkan Uang

Atau, bisa juga dengan mencari buku referensi skripsi melalui platform akademik online seperti Google Scholar dan Google Book. Selain dengan cara tersebut, terdapat pula satu cara lagi yang juga dapat digunakan untuk membantu mencari buku referensi skripsi.

Adapun cara itu adalah dengan menggunakan Chat GPT. Sebagaimana sudah cukup umum diketahui, ChatGPT adalah program Artificial Intelligence berbasis Language Model yang dapat menjawab atau menanggapi beraneka macam perintah pengguna.

Lewat kemampuan itu, pengguna dapat bertanya atau memerintahkan ChatGPT untuk menyajikan beberapa buku referensi yang dapat digunakan dalam skripsi buatannya. Lantas, bagaimana cara menggunakan Chat GPT untuk mencari buku referensi skripsi?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara mencari buku referensi skripsi dengan Chat GPT.

Cara mencari buku referensi skripsi dengan Chat GPT

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Selanjutnya, pada kolom pengetikan pesan, pengguna dapat mulai menulis prompt atau teks perintah pada ChatGPT untuk menyajikan beberapa buku referensi yang dapat digunakan pada skripsi dengan topik tertentu.
  • Bila prompt telah dimasukkan, ChatGPT akan menyajikan daftar beberapa buku referensi skripsi.
  • Jika kurang puas dengan hasil yang disajikan, pengguna bisa meminta ChatGPT buat menyajikan tanggapan versi lain dengan klik opsi “Regenerate response”.

Ilustrasi cara mencari buku referensi skripsi dengan ChatGPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mencari buku referensi skripsi dengan ChatGPT.

Itulah cara mencari buku referensi skripsi dengan Chat GPT. Untuk diketahui, buku referensi skripsi yang disajikan Chat GPT hanya berupa tulisan informasi judul dan pengarang buku. Chat GPT tidak dapat menampilkan file atau tautan yang mengarah ke buku referensi itu.

Baca juga: Perkembangan ChatGPT hingga Bisa Menjalankan Berbagai Tugas Seperti Sekarang

Meski tak dapat memuat file, informasi judul dan pengarang buku dari Chat GPT setidaknya dapat dijadikan gambaran atau petunjuk awal untuk mencari referensi skripsi secara lebih lanjut ke depan.

Untuk menyajikan informasi buku referensi skripsi yang sesuai dengan keinginan, pengguna harus memerintahkan Chat GPT dengan kata-kata prompt yang detail. Adapun contoh prompt Chat GPT untuk mencari buku referensi skripsi adalah sebagai berikut.

Contoh prompt Chat GPT untuk mencari buku referensi skripsi

  • Saya akan menulis skripsi untuk jurusan “A” berjudul “ABCD”. Tolong sajikan beberapa buku referensi yang dapat digunakan untuk menyusun skripsi berjudul tersebut.
  • Saya akan menulis skripsi untuk jurusan “A” dengan teori “X”. Tolong sajikan beberapa referensi buku yang menjelaskan tentang teori tersebut.
  • Sajikan beberapa referensi buku yang menjelaskan tentang metode penelitian “A” dalam skripsi jurusan “B”.
  • Sajikan beberapa buku keluaran lima tahun terakhir yang menjelaskan tentang teori “X” yang dapat dijadikan referensi dalam menyusun skripsi.

Demikianlah contoh prompt Chat GPT yang dapat dipakai buat mencari buku referensi skripsi. Pengguna tak harus memakai kata-kata prompt Chat GPT yang sama persis dengan yang tertera di atas.

Pengguna bisa menyusun prompt Chat GPT dengan gaya bahasa sendiri, asalkan informasi yang tersampaikan detail. Dengan Chat GPT, proses pencarian buku referensi skripsi bisa berjalan dengan lebih mudah.

Akan tetapi, meski menjadi lebih mudah, terdapat beberapa keterbatasan ChatGPT yang perlu diketahui, sehingga pengguna dapat lebih tepat dan bijak dalam memanfaatkannya. Adapun keterbatasan ChatGPT yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

Keterbatasan ChatGPT

Pengguna sebaiknya memosisikan ChatGPT hanya sebagai alat bantu. Informasi yang disajikan ChatGPT hendaknya tidak ditelan mentah-mentah dan digunakan secara langsung untuk menyusun skripsi.

Sebab, ChatGPT masih memiliki potensi untuk memberikan informasi yang kurang akurat. Oleh karena itu, pengguna perlu senantiasa melakukan verifikasi kembali sebelum memakai informasi yang disajikan Chat GPT.

Baca juga: Apa itu Google Bard, Chatbot AI Buatan Google yang Mirip ChatGPT

Selain keterbatasan dalam akurasi informasi, Chat GPT juga memiliki keterbatasan untuk memahami informasi dalam konteks waktu tertentu. Chat GPT saat ini cuma dapat memahami informasi sampai konteks 2021 saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com