Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menu GoPay Tetap Ada di Gojek dan Tokopedia meski Jadi Aplikasi Terpisah

Kompas.com - 26/07/2023, 15:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi GoPay mandiri (standalone) resmi diluncurkan di Indonesia, Rabu (26/7/2023). Aplikasi ini sudah bisa diunduh lewat toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store dengan ukuran yang cukup kecil yakni 25 MB.

Dengan aplikasi GoPay standalone ini, pengguna bisa melakukan transfer, membeli pulsa, serta membayar tagihan dengan saldo GoPay tanpa perlu membuka aplikasi Gojek atau Tokopedia.

Lantas, bagaimana nasib menu GoPay di aplikasi Gojek dan Tokopedia?

CEO GoTo Patrick Walujo memastikan bahwa GoPay yang selama ini ada di aplikasi Gojek dan Tokopedia tak akan berubah atau bahkan hilang.

"Aplikasi GoPay standalone ini tidak menggantikan layanan GoPay yang ada di Gojek maupun Tokopedia," kata Patrick dalam acara peluncuran aplikasi GoPay di Jakarta Selatan, Rabu.

Baca juga: Aplikasi GoPay Resmi Meluncur, Terpisah dari Gojek dan Bisa Transfer Gratis

CEO GoTo Patrick Walujo hadir dalam acara peluncuran aplikasi GoPay mandiri di Jakarta Selatan, Rabu (26/7/2023).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto CEO GoTo Patrick Walujo hadir dalam acara peluncuran aplikasi GoPay mandiri di Jakarta Selatan, Rabu (26/7/2023).
Menurut Patrick, peluncuran aplikasi GoPay yang terpisah dari Gojek dan Tokopedia ini mencerminkan misi Gojek untuk menghadirkan layanan keuangan yang terpadu di Indonesia.

Direktur dan Presiden GoTo Financial Hans Patuwo pun menegaskan bahwa layanan GoPay yang ada di Gojek dan Tokopedia tidak akan "diabaikan", alias akan tetap dikembangkan bersamaan dengan aplikasi GoPay standalone.

"Saat ini, aplikasi GoPay standalone ini masih versi pertama. Jadi, pasti ada fitur baru ke depannya yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan," kata Hans.

Namun, Hans belum memberikan kisi-kisi untuk fitur baru tersebut.

Integrasi riwayat transaksi GoPay, Gojek, Tokopedia

Bukan menggantikan, aplikasi GoPay mandiri ini justru menawarkan integrasi antara Gojek dan Tokopedia, terutama untuk riwayat pengeluaran.

Sekarang, pengguna bisa melihat semua riwayat belanja yang dilakukan lewat aplikasi GoPay, Gojek, Tokopedia, atau aplikasi di luar ekosistem GoTo di satu pintu, yakni aplikasi GoPay standalone.

Selama melakukan pembayar dengan GoPay, transaksi akan otomatis dicatat dan bisa dilihat di aplikasi GoPay. Pengguna bisa melihat catatan pengeluaran harian, mingguan, bulanan, maksimal 90 hari terakhir.

Menurut Hans, fitur riwayat transaksi GoPay yang terintegrasi ini merupakan bentuk komitmen dan transaparansi dari GoTo.

Baca juga: Sudah Bisa Dicoba, Begini Tampilan Aplikasi GoPay yang Terpisah dari Gojek

Aplikasi GoPay standalon memiliki fitur riwayat pengeluaran terintegrasi untuk pembelanjaan di aplikasi GoPay, Gojek, Tokopedia, atau lainnya dengan saldo GoPay.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Aplikasi GoPay standalon memiliki fitur riwayat pengeluaran terintegrasi untuk pembelanjaan di aplikasi GoPay, Gojek, Tokopedia, atau lainnya dengan saldo GoPay.
Pengguna juga bisa membuat catatan pengeluaran mandiri di aplikasi GoPay. Ini berguna bagi pengguna yang ingin memantau penguluaran dan memiliki pembukuan dari saldo GoPay miliknya, baik di aplikasi ekosistem GoTo atau aplikasi lainnya.

Di samping itu, pengguna juga bisa melihat total pengeluarannya saat bulan berjalan. Aplikasi GoPay yang terpisah ini akan memberikan informasi soal kategori belanja mana yang paling tinggi, apakah itu belanja di kategori makan & minuman, gaya hidup, logistik, transaportasi, tagihan, atau donasi.

Selain itu, menurut Hans, aplikasi GoPay ini sengaja dibuat terpisah dari Gojek dan Tokopedia untuk khusus menjadi wadah pembayaran (payment) dan transfer. 

"Bila ada pengguna yang sudah nyaman dengan layanan GoPay di Gojek dan Tokopedia ya tidak masalah. Karena layanan GoPay di Gojek-Tokopedia tidak akan ada perubahan apapun," kata imbuh Hans.

Baca juga: Daftar E-wallet Terpopuler di Indonesia, GoPay Teratas

Layanan pembayaran yang tersedia di aplikasi GoPay mandiri ini mirip dengan layanan GoPay di Gojek. Di aplikasi GoPay yang berdiri sendiri, pengguna bisa membeli pulsa dan membayar berbagai jenis tagihan, seperti BPJS, listrik PLN, PDAM, internet, Netflix, tv kabel, dan lainnya.

Pengguna juga bisa melakukan tarik tunai lewat salah satu bank swasta Indonesia lewat aplikasi ini. Khusus untuk transfer, pengguna aplikasi GoPay standalone bisa menikmati benefit gratis biaya admin sebanyak 100x setiap bulannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com