Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Resmi @Twitter Tidak Ada Lagi, Kini Jadi @X

Kompas.com - 26/07/2023, 15:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah mengganti logo dari burung biru menjadi "X", akun resmi Twitter (kini X) juga ikut berubah. Handle @Twitter yang selama ini menjadi akun resmi platform microblogging itu, kini resmi menjadi @X.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Rabu (26/7/2023), akun resmi @Twitter, yang dibuat pada Juli 2023 ini, kini dinyatakan tidak aktif dengan jumlah pengikut (followers) dan jumlah mengikuti (following) nol. 

Akun ini juga dilengkapi dengan informasi bio bertuliskan "This account is no longer active". Lalu, bio Twitter tersebut diikuti dengan ajakan bahwa pengguna bisa mengikuti (follow) akun @X untuk pembaruan (update) Twitter yang akan datang.

Kemungkinan, akun @twitter yang dikunci (private) itu, dibuat untuk menginformasikan handle @X.

Di sisi lain, akun Twitter @X memiliki bio "What's happening?!", mirip seperti slogan Twitter yang biasa digunakan untuk mencari informasi dan berita terbaru yang sedang dibicarakan di internet.

Baca juga: Obsesi Elon Musk dengan Huruf X, dari Nama Anak hingga Jadi Logo Twitter

Akun resmi Twitter @X tersebut dibuat pada Februari 2007 lalu dan memiliki 69,5 juta followers, sama seperti akun dengan handle @Twitter sebelumnya. Dengan kata lain, pemilik Twitter, Elon Musk tampaknya hanya mengubah nama handle dari @Twitter ke @X saja.

Pernah dimiliki orang lain

Sebelum sah menjadi akun resmi Twitter, handle @X sebetulnya pernah dimiliki orang lain, bernama Gene X Hwang. Tidak diketahui bagaimana proses pengalihan hak milik handle @X ini, hingga bisa menjadi akun resmi Twitter.

Namun dalam akun Twitter dengan handle baru yang kabarnya merupakan milik Hwang, ia menyebut bahwa "semuanya" berjalan dengan lancar.

"Semuanya yang baik-baik, pasti akan berakhir dengan baik juga," tulis Hwang lewat akun Twitter @x12345678998765.

Selain akun utama @Twitter yang diubah menjadi @X, Twitter juga tampaknya mengganti sejumlah handle resmi lainnya yang berhubungan dengan layanan platform media sosial tersebut.

Beberapa di antaranya seperti @Support, @Xdevelopers, dan @API yang kini menggantikan handle resmi @TwitterSupport, @TwitterDev, dan @TwitterAPI (sudah nonaktif), serta akun layanan berbayar Twitter @XBlue yang menggantikan @TwitterBlue. 

Meski demikian, beberapa akun Twitter resmi yang mewakili beberapa wilayah di dunia, seperti Twitter Jepang (@TwitterJP), Twitter India (@TwitterIndia), hingga Twitter Indonesia (@TwitterID) tampaknya belum diganti dengan huruf "X".

Berdasarkan pantauan KompasTekno, pengguna yang mencari akun resmi dengan memasukkan kata kunci @Twitter, akan langsung disuguhkan beberapa akun resmi dengan handle baru.

Baca juga: Aksi Terbaru Elon Musk Rombak Twitter, Logo Burung Ikonik Diganti Serba X

Logo X jadi identitas baru Twitter

Logo Twitter baru XTWITTER @elonmusk Logo Twitter baru X

Sekadar informasi, penggantian nama handle Twitter ini tampaknya sejalan dengan upaya Elon Musk untuk mengubah merek (rebranding) Twitter menjadi X. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com