Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sharp Fokus Jual Smartphone Flagship di Indonesia

Kompas.com - 26/07/2023, 20:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sharp resmi meluncurkan smartphone kelas atas (flagship) terbarunya, Aquos R7s, di Indonesia hari ini, Rabu (26/7/2023). 

Perilisan ponsel ini sejalan dengan strategi Sharp untuk berfokus pada penjualan smartphone menengah ke atas (middle up) dan flagship di Indonesia pada paruh kedua 2023.

Menurut AUVI Product Head Division PT Sharp Electronics Indonesia, Ardy Sofyan, strategi ini diambil setelah melihat kondisi pasar smartphone di Indonesia saat ini.

"Kami fokus pada pasar kelas atas (high-end), seperti Aquos R7s yang baru saja dirilis," jelas AUVI Product Head Division PT Sharp Electronics Indonesia, Ardy Sofyan.

"Sebab, kalau dilihat dari pasarnya, penjualan HP dengan kisaran harga Rp 3 juta ke bawah itu makin menurun," imbuh Ardy kepada KompasTekno di sela-sela acara peluncuran Aquos R7s, di wilayah Jakarta Pusat. 

Baca juga: Alasan Sharp Masih PD Jualan Smartphone di Indonesia meski Persaingan Ketat

Pihak Sharp juga mengutp data dari firma riset International Data Corporation (IDC) yang mencatat bahwa penjualan smartphone kelas atas pada kuartal pertama 2023 mengalami kenaikan sebesar 71 persen dari tahun ke tahun.

Sementara itu, penjualan ponsel entry-level menurun 8 persen dan pasar smartphone kelas menengah (mid-range) turun 35 persen. Dengan mengacu pada data ini, diharapankan pangsa pasar smartphone Sharp di Indonesia akan naik menjadi 5 persen.

Saat ini, pangsa pasar smartphone Sharp per tahun 2023 masih di bawah itu, karena volume pengiriman ponsel yang kecil.

"Volume pengiriman smartphone kami belum besar. Jadi, pangsa pasar smartphone Sharp bisa dibilang belum terdeteksi," jawab Ardy.

Selain fokus ke smartphone flagship, Sharp juga akan berusaha meningkatkan branding-nya di Indonesia.

"Ke depannya kita akan berusaha meningkatkan branding. Karena kalau menjual HP menengah ke atas (middle up) tapi branding-nya tidak kuat, pasti tidak ada yang beli," pungkas Ardy.

Sharp Aquos R7s dan Aquos V7 Plus meluncur di Indonesia

Sharp Aquos R7s sendiri merupakan smartphone flagship terbaru Sharp di Indonesia. Smartphone ini mengunggulkan sektor kamera dengan sensor berukuran satu inci di kamera utamanya. Kamera ini memiliki resolusi 47,2 MP (f/1.9) dan dilengkapi fitur octa-PDAF autofocus.

Baca juga: 80 Persen Smartphone Global Sudah Pakai Fast Charging, Rata-rata 34 Watt

Selain kamera utama, punggung Aquos R7s juga dilengkapi kamera portrait 1,9 MP. Sementara itu, bagian depan smartphone memiliki kamera selfie 12,6 MP (f/2.3).

Beralih ke layar, ponsel ini mengusung panel IGZO OLED 6,6 inci dengan resolusi 1.260 x 2.730 piksel, refresh rate 240 Hz, dan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 2.000 nits.

Untuk jeroan, Aquos R7s diotaki System-on-Chip (Soc) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, yang dipadankan dengan RAM LPDDR5 12 GB dan media penyimpanan (storage) UFS 3.1 256 GB.

Selengkapnya, pengguna bisa menyimak spesifikasi dan harga Sharp Aquos R7s lewat tautan berikut ini.

Sharp juga meluncurkan Aquos V7 Plus yang lebih terjangkau. Ponsel ini mengusung panel berukuran 6,745 inci dengan resolusi HD Plus dan refresh rate hingga 90 Hz.

Untuk sektor fotografi, smartphone ini memiliki kamera selfie 8 MP. Sementara itu, punggung ponsel dibekali kamera utama 50 MP, kamera depth 2 MP, serta lensa makro 2 MP.

Beralih ke jeroan, Aquos V7 Plus ditenagai chipset Helio G37 dengan kecepatan clock maksimal 2,3 GHz. Chipset ini dipadankan dengan RAM 4 GB/6 GB dan media penyimpanan (storage) 128/256 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com