Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Rilis Fitur Pesan Video Instan, Indonesia Sudah Kebagian

Kompas.com - 28/07/2023, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna merekam dan membagikan video singkat atau klip, sebagai sebuah pesan.

Fitur yang disebut Instant Video Messages (pesan video instan) itu bisa langsung dikirimkan pengguna ke grup atau sebagai chat personal.

Hadirnya fitur pesan video WhatsApp diumumkan langsung oleh induk WhatsApp, Meta, melalui laman resminya.

"Kami senang bisa mengembangkan fitur pesan video instan baru. Sekarang, Anda bisa merekam dan membagikan video pendek personal, langsung dari ruang obrolan," kata Meta dikutip KompasTekno dari laman resminya, Jumat (28/7/2023).

Menurut Meta, fitur ini bakal menjadi cara yang menyenangkan bagi pengguna untuk berbagi momen melalui video, misalnya untuk mengucapkan selamat ulang tahun, menertawakan sesuatu atau membagikan kabar bahagia.

Baca juga: Cara Menghapus Akun WhatsApp di Android secara Permanen

Di fitur ini, pengguna bisa merekam video dengan durasi hingga 60 detik alias 1 menit. Mekanisme fitur ini bukan melalui tombol kamera WhatsApp, sebagaimana ketika pengguna ingin merekam video.

Namun, fitur pesan instan video ini diakses lewat tombol voice note atau pesan suara. Jadi, WhatsApp menyediakan tombol rekam pesan video berwarna hijau, tepat di samping kolom untuk membuat pesan WhatsApp.

Semula tombol itu tersedia untuk merekam audio saja, tetapi kini WhatsApp mengubahnya menjadi tombol untuk rekam pesan video atau merekam suara.

Secara default, tombol itu akan tampil dengan ikon rekam suara. Nah, pengguna bisa menggulir tombol itu menjadi mode untuk merekam video.

Cara rekam pesan video di WhatsApp

Seperti disebutkan di atas, cara mengirimkan pesan video di WhatsApp, kurang lebih sama seperti mengirim pesan suara. Berikut langkahnya:

  • Tekan agak lama tombol rekam yang ada di samping kolom buat pesan WhatsApp, sehingga berubah menjadi mode rekam video.
  • Tahan (hold) tombol itu untuk merekam video.
  • Pengguna juga bisa melakukan swipe ke atas untuk merekam video secara hands free alias merekam tanpa harus menahan tombol seterusnya.
  • Tekan tombol kirim.

Baca juga: Cara Login Satu Akun WhatsApp di Dua HP Sekaligus

Nantinya, video itu akan muncul di laman obrolan dengan bingkai bulat. Videonya juga akan diputar otomatis, tetapi suara dari video baru akan terdengar ketika tombol putar pesan video ditekan oleh pengguna.

Seperti pesan WhatsApp lainnya, pesan video juga diklaim Meta bakal dilindungi enkripsi end-to-end. Hal ini dilakukan perusahaan demi menjaga keamanan pesan pengguna.

Selain itu, pesan video juga bisa dibalas seperti pesan teks. Namun pesan tersebut tidak bisa diteruskan (forward) ke pengguna lain.

Fitur pesan video sudah digulirkan WhatsApp secara global. Namun ketersediaannya kemungkinan bakal bertahap, sebagaimana fitur baru WhatsApp lainnya.

Pantauan KompasTekno fitur pesan video juga sudah tersedia di Indonesia secara bertahap. Sebab, sejumlah tim KompasTekno juga ada yang belum kebagian fitur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com