Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Terblokir, Situs X.com Twitter Kini Bisa Diakses dari Indonesia

Kompas.com - 27/07/2023, 15:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sempat diblokir, domain X.com kini bisa diakses dari Indonesia. URL X.com dijadikan alamat alternatif Twitter sejak awal pekan ini. Hal ini merupakan bagian dari langkah rebranding Twitter menjadi serba "X".

Pantauan KompasTekno pada Kamis (27/7/2023), ketika mengakses X.com lewat WiFi dan internet seluler (mobile), pengguna akan otomatis dialihkan (redirect) menuju halaman depan Twitter, baik ke halaman login atau timeline.

Sebelumnya, domain X.com tidak bisa langsung diakses oleh warga Twitter di Tanah Air. Pengguna internet di Indonesia yang mengakses X.com di browser dialihkan ke jendela "Not secure" (tidak aman) dan "This site can't be reached" (situs ini tidak bisa dijangkau).

Ketika mengakses link X.com lewat internet mobilet, pengguna dibawa ke jendela internet positif yang artinya link X.com diblokir oleh pemerintah.

Baca juga: Kominfo Blokir Situs X.com Twitter karena Pernah Tak Sesuai Aturan

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan URL X.com diblokir karena sebelumnya digunakan oleh situs yang bertentangan dengan ketentuan di Indonesia.

Kini, Twitter tampaknya sudah mengajukan pemberitahuan resmi kepada Kominfo bahwa pihaknya akan menggunakan link X.com untuk redirect ke situs Twitter.

Makanya, sekarang, pengguna di Indonesia bisa mengakses Twitter lewat dua link, yaitu Twitter.com dan X.com.

X.com dibeli dari PayPal

Ilustrasi URL Twitter.com berubah jadi X.com.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi URL Twitter.com berubah jadi X.com.
Domain X.com yang sekarang digunakan Twitter ini ternyata dibeli Elon Musk dari PayPal pada 2017.

Musk diprediksi mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk membeli domain X.com dari PayPal beberapa tahun lalu, menurut laporan The Verge sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa, (25/7/2023).

Baca juga: Obsesi Elon Musk dengan Huruf X, dari Nama Anak hingga Jadi Logo Twitter

Sebenarnya domain X.com awalnya dimilik oleh Elon Musk. Pada 1999, Elon Musk dan beberapa rekannya mendirikan layanan keuangan online bernama X.com.

Pada 2000, X.com bergabung alias merger dengan Confinity, perusahaan yang didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin. Confinity ini membuat PayPal, layanan transfer uang yang ketika itu kurang terkenal.

Ketika sudah bergabung, investor dan anggota dewan memilih X.com sebagai merek karena lebih dikenal. Namun, merek X.com ini tak bertahan lama.

Pasalnya, merek X.com itu kemudian diganti PayPal pada tahun 2001, setahun setelah Musk meninggalkan perusahaan karena perselisihan dengan anggota eksekutif lainnya.

Karena sudah bukan miliknya, Elon Musk harus membeli domain X.com lagi dari PayPal pada 2017. Nah, baru pada 2023 ini, domain X.com itu akhirnya digunakan untuk Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com