Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi ChatGPT Android Sudah Bisa Di-download di Indonesia

Kompas.com - 28/07/2023, 08:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi ChatGPT versi Android akhirnya bisa di-download oleh pengguna di Indonesia. Chatbot berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) generatif dari OpenAI itu sudah tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh secara gratis.

Pantauan KompasTekno, Jumat (28/7/2023), ChatGPT versi Android sudah bisa diunduh di Tanah Air sejak 27 Juli malam. Hal ini diketahui dari notifikasi Play Store bahwa ChatGPT sudah siap untuk di-install.

ChatGPT Android sebenarnya sudah muncul di Play Store sejak awal pekan ini, termasuk di Indonesia. Namun saat itu pengguna baru bisa melakukan pra-pendaftaran.

Baca juga: Alat Pendeteksi Konten Buatan ChatGPT Diam-diam Dimatikan OpenAI

Nah, notifikasi bisa diunduhnya ChatGPT Android tadi bakal diterima pengguna bila melakukan pra-pendaftaran. Bila pengguna tidak mendaftar sebelumnya, bisa melakukan pencarian aplikasi ChatGPT secara manual di Play Store.

Di toko aplikasi Android itu, ChatGPT hadir dalam versi 1.0.0023 dengan ukuran 6 MB. Aplikasi ini bisa berjalan dengan semua perangkat Android versi 6.0 ke atas.

Aplikasi itu hadir dengan logo khas ChatGPT berwarna hitam putih. Menurut deskripsinya, aplikasi ChatGPT menawarkan jawaban instan, nasihat, inspirasi hingga rekomendasi profesional.

Saat berita ini ditayangkan, aplikasi ChatGPT Android sudah diunduh lebih dari 1 juta kali dan mendapat review 4,4 bintang dari 245 ulasan.

Bila Anda tertarik mengunduh ChatGPT Android, Anda perlu cermat mencarinya. Sebab, ada banyak aplikasi tiruan ChatGPT di Play Store. Sejumlah aplikasi tiruan itu bahkan memakai logo yang persis dengan ChatGPT, padahal chatbot tersebut bukan dari OpenAI.

Anda bisa mengunduh aplikasi ChatGPT resmi versi Android melalui tautan berikut ini

Selain di Indonesia, aplikasi ChatGPT Android juga sudah disebar OpenAI ke pengguna di Amerika Serikat (AS), India, Bangladesh dan Brasil.

Baca juga: Kunjungi Indonesia, Pembuat ChatGPT Bicara soal Bias dan Pentingnya Regulasi AI

Sebelum tersedia untuk pengguna Android, aplikasi ChatGPT lebih dulu hadir di perangkat berbasis iOS sejak Mei lalu.

Saat itu, OpenAI berkata bahwa ChatGPT versi Android juga bakal hadir secepatnya. Kini aplikasi ChatGPT untuk OS Android sudah ada di Play Store, berselang sekitar dua bulan setelah versi iOS.

Bisa jawab pertanyaan dengan luwes

Sejak dirilis November tahun lalu, ChatGPT ramai dibahas di media sosial. Pasalnya, chatbot ini bisa menjawab berbagai pertanyaan secara luwes.

Luwes di sini maksudnya, ChatGPT bisa memahami konteks percakapan dan memberi teks jawaban sesuai konteks, sehingga tidak kaku layaknya robot.

ChatGPT adalah chatbot yang dibuat berdasarkan GPT-3.5, sebuah model bahasa alami yang menggunakan proses pembelajaran deep learning.

Baca juga: Apple Dikabarkan Bikin Chatbot AI Pesaing ChatGPT

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com