Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi ChatGPT Android Meluncur Sebentar Lagi, Pengguna Sudah Bisa Daftar

Kompas.com - 24/07/2023, 10:52 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Aplikasi chatbot berbasis kecerdasan buatan, ChatGPT, akan hadir di perangkat Android. Aplikasi ChatGPT sebelumnya baru tersedia untuk pengguna iOS saja.

Kehadiran ChatGPT di Android ini diumumkan oleh OpenAI, perusahaan pembuat chatbot ChatGPT. Menurut OpenAI, aplikasi ChatGPT Android akan dirilis pekan ini melalui toko aplikasi Google Play Store.

Pengguna Android yang tertarik men-download aplikasi ChatGPT, sudah bisa melakukan pra-registrasi di Play Store. Nah, ketika ChatGPT Android sudah tersedia sepenuhnya, pengguna bakal bisa mengunduh (download) chatbot tersebut.

"Mengumumkan ChatGPT untuk Android! Aplikasi ini akan diluncurkan ke pengguna pekan depan, dan Anda bisa memesannya lebih dulu di Google Play Store mulai hari ini," tulis OpenAI di akun Twitter dengan handle @OpenAI.

Baca juga: Apple Dikabarkan Bikin Chatbot AI Pesaing ChatGPT

Dalam kicauan tersebut, OpenAI juga melampirkan tautan ke halaman pra-registrasi ChatGPT di Play Store. Jadi, pengguna bisa mengklik tautan itu bila ingin melakukan pendaftaran.

Meski demikian, pihak OpenAI tak menyebutkan hari atau tanggal peluncuran ChatGPT Android pekan ini. Jadi kepastian jadwal rilisnya masih belum diketahui.

ChatGPT sendiri dirilis pada November 2022. Semula, chatbot ini hadir berbasis web. Jadi, pengguna harus mengunjungi situs ChatGPT melalui browser (peramban) untuk berinteraksi dengan chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) generatif itu.

Seiring perkembangannya yang bergitu pesat, ChatGPT kemudian hadir dalam format aplikasi. Aplikasi ChatGPT pertama kali dirilis untuk pengguna berbasis iOS pada bulan Mei lalu. Saat itu, OpenAI berkata bahwa ChatGPT versi Android juga bakal hadir secepatnya.

Kini aplikasi ChatGPT untuk OS Android mulai muncul di Play Store, berselang sekitar dua bulan setelah versi iOS.

Bisa jawab pertanyaan dengan luwes

Sejak dirilis November tahun lalu, ChatGPT ramai dibahas di media sosial. Pasalnya, chatbot ini bisa menjawab berbagai pertanyaan secara luwes.

Luwes di sini maksudnya, ChatGPT bisa memahami konteks percakapan dan memberi teks jawaban sesuai konteks, sehingga tidak kaku layaknya robot.

ChatGPT adalah chatbot yang dibuat berdasarkan GPT-3.5, sebuah model bahasa alami yang menggunakan proses pembelajaran deep learning.

Baca juga: OpenAI, Perusahaan di Balik ChatGPT Diinvestigasi, Ada Apa?

Alami di sini dimaksudkan untuk gaya teks yang dihasilkan robot chat buatan OpenAI, mirip dengan gaya penulisan manusia secara natural, tidak kaku seperti mesin atau bot. Saking naturalnya, ChatGPT juga bisa diminta untuk membuat puisi.

Seperti chatbot pada umumnya, ChatGPT buatan OpenAI ini memungkinkan pengguna mengirim pertanyaan atau instruksi yang nantinya akan ditanggapi oleh ChatGPT.

Saat ini, ChatGPT juga telah mendukung bahasa Indonesia sehingga pengguna bisa mengajukan dan mendapat tanggapan dalam Bahasa Indonesia.

Menariknya, ChatGPT dari OpenAI dirancang untuk mengingat pertanyaan yang sudah pernah diajukan sebelumnya dan memiliki kemampuan untuk mengoreksi dirinya sendiri sesuai dengan feedback yang diberikan pengguna.

Akan tetapi, pertanyaan yang diajukan tidak boleh melampui batas. Sebab, ChatGPT juga dilatih untuk mengurangi pertanyaan tidak pantas dari pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com