Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Kenalkan Chip Exynos W930, "Otak" Galaxy Watch 6

Kompas.com - 28/07/2023, 15:00 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Samsung telah meresmikan kehadiran duo arloji pintar terbarunya yang bernama Galaxy Watch 6 dan Galaxy Watch 6 Classic.

Belakangan, pabrikan Korea selatan itu memperkenalkan chip wearable device bernama Exynos W930 yang digunakan di kedua smartwatch.

Exynos W930 adalah chip 5nm yang memiliki dua inti CPU Arm Cortex-A55 berkecepatan 1,4 GHz, atau lebih tinggi dibandingkan clockspeed Exynos W920 sebelumnya yang sebesar 1,18 GHz.

Baca juga: Link Pre-Order Samsung Galaxy Tab S9 Series dan Galaxy Watch 6 Series di Indonesia, Ada Bonus hingga Rp 5 Juta

GPU yang digunakan adalah Arm Mali-G68 MP2 yang mendukung resolusi hingga qHD dan video playback 21 fps agar tampilan grafis menjadi lebih mulus.

Samsung mengklaim bahwa chip ini menyatukan beberapa komponen sekaligus untuk menghemat ruang di PCB (printed circuit board) perangkat.

"Exynos W930 menggunakan teknologi packaging termutakhir, termasuk FO-PLP dan SiP-ePoP untuk menggabungkan prosesor, IC manajemen daya, (PMIC), LPDDR4, dan eMMC di kemasan kecil," tulis Samsung dalam penjelasan di situsnya.

Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Jumat (28/9/2023) teknologi packaging serupa sudah digunakan di Exynos W920 terdahulu.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S9 Ultra: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Jadi bisa dibilang bahwa Exynos W930 sebenarnya merupakan chip Exynos W920 dengan clock speed yang sedikit lebih tinggi dan RAM on-board lebih besar.

Exynos W930 datang dengan integrasi Global Navigation Satellite System (BeiDou, Galileo, GLONASS, dan GPS), modem 4G LTE, Wi-Fi dual-band b/g/n, Bluetooth 5.3, dan NFC.

Chip ini turut dibekali dua inti CPU Arm Cortex-M55 di Context Hub (CHUB) terpisah untuk menjalankan fungsi-fungsi low-power seperti mode Always-on Display.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com