Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aspek yang Dipertimbangkan Samsung Saat Mendesain Ponsel Lipat

Kompas.com - 01/08/2023, 09:40 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Sehari setelah peluncuran  Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 di Korea Selatan, Samsung mengundang sejumlah awak media ke Samsung Seoul R&D Campus pada Kamis (27/6/2023), untuk mengenal lebih dalam desain duo ponsel lipat anyarnya.

Menurut Head of Foldable Smartphone Design, Tae Joong Kim, pendekatan dan faktor yang dipertimbangkan saat mendesain ponsel lipat bukan hanya terdiri dari satu aspek saja, melainkan beberapa aspek.

“Saat ini, ponsel lipat mungkin terlihat sebagai model yang mainstream, tetapi kami berupaya untuk membuat ponsel ini berbeda di masa mendatang,” jelas Tae Joong kepada jurnalis KompasTekno, Caroline Saskia Tanoto, yang ikut dalam tur tersebut.

Baca juga: Cerita Desainer Samsung Rancang Galaxy Z Flip 5/Fold 5 dan Perubahannya

“Yang menjadi pertimbangan saya adalah, aspek apa yang harus dipertimbangkan agar tingkat kepuasan pelanggan secara umum bisa meningkat, saat menggunakan produk kami,” tambah Tae Joong.

Para desainer ponsel lipat Samsung yang tengah merancang ukuran bodi, tampilan, serta warna Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip. Seluruh proses kegiatan desain dilakukan di Samsung Seoul R&D Campus, Seoul, Korea Selatan KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Para desainer ponsel lipat Samsung yang tengah merancang ukuran bodi, tampilan, serta warna Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip. Seluruh proses kegiatan desain dilakukan di Samsung Seoul R&D Campus, Seoul, Korea Selatan

Tae Joong juga menekankan bahwa Samsung memperhatikan tiga aspek dalam merancang ponsel lipatnya. Ketiga aspek itu adalah usability (kegunaan), foldability (lipatan/bodi ponsel), dan durability (ketahanan).

“Pada dasarnya, ada tiga faktor yang kami pertimbangkan saat mendesain perangkat. Ketiga faktor itu adalah kegunaan perangkat, bodi dan ukuran perangkat, dan ketahanan perangkat,” tambah Tae Joong.

Dalam hal kegunaan perangkat yang dimaksud adalah kegunaan layar pada ponsel lipat. Kedua adalah ukuran bodi, desain, ketebalan, kenyamanan perangkat saat digenggam.

Baca juga: Desainer Galaxy Z Fold/Flip 5 Ternyata Jebolan Mercedes-Benz, Ceritakan Bedanya Rancang Mobil dan HP

Sementara itu, poin yang terakhir masalah ketahanan, aspek yang kerap dipertimbangan konsumen secara umum. Untuk meningkatkan aspek ketahanan tersebut, Samsung memastikan bahwa ketiga faktor di atas bisa saling mendukung dan memengaruhi satu dan yang lainnya.

(Kiri-kanan) Perbedaan konstruksi engsel pada Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Fold 5. Mekanisme engsel yang baru membuat Galaxy Z Fold 5 dapat tertutup lebih rapat ketika dilipatKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (Kiri-kanan) Perbedaan konstruksi engsel pada Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Fold 5. Mekanisme engsel yang baru membuat Galaxy Z Fold 5 dapat tertutup lebih rapat ketika dilipat

Selain mengadopsi ketiga aspek di atas, Samsung juga melakukan inovasi baru namun tetap menjaga desain warisan Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip generasi terbaru.

Salah satu inovasi yang dilakukan adalah mengadopsi konstruksi engsel baru sehingga perangkat bisa terlipat dengan rata, tanpa menyisakan rongga di dekat engsel/lipatan.

Menurut Tae Joong, adopsi konstruksi engsel baru diupayakan agar tidak memotong ukuran bodi, mencoba mengulik rasio layar agar tetap presisi presisi, dan sebagainya.

“Galaxy Z Fold 5 melahirkan inovasi baru yang diadopsi dari desain warisan. Kami meningkatkan pengalaman pengguna tanpa memotong ukuran, mencari rasio layar yang presisi, kemudiaan mengubah struktur dalam perangkat," jelasnya.

Baca juga: 6 Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip 5 Dibanding Z Flip 4, Salah Satunya Lebih Rapat

Sementara itu, untuk layar sekunder Galaxy Z Flip 5 yang kini hadir lebih besar, Tae Joong menambahkan perubahan itu dilakukan untuk menjawab masukan dari para konsumen.

“Pengguna berekspektasi untuk mendapatkan informasi dan mengakses lebih banyak aplikasi di layar sekunder. Untuk mewujudkan hal tersebut, kamu menjawabnya dengan kebaruan desain,” tutup Tae Joong.

Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 sudah bisa dipesan di Indonesia. Harga masing-masing perangkat dimulai dari Rp 25 juta untuk varian 12/256 GB dan Rp 16 juta untuk varian 8/256 GB. Keran pemesanan (pre-order) sudah dibuka dari 26 Juli—17 Agustus 2023.

Bila tertarik, Anda bisa langsung mengunjungi laman Samsung Indonesia melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com