Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Chip Khusus, Ini Skor Benchmark Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5

Kompas.com - 30/07/2023, 14:31 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan smartphone lipat Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 dalam acara "Galaxy Unpacked 2023" di Seoul, Korea Selatan, Rabu (26/7/2023). Duo ponsel lipat ini menghadirkan sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya, Z Flip 4 dan Z Fold 4.

Salah satunya terletak pada sektor dapur pacu. Kedua smartphone anyar ini diotaki System-on-Chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, berbeda dengan model lawasnya yang mengandalkan Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy merupakan chipset yang sama dengan Galaxy S23 series. Chipset tersebut pada dasarnya adalah Snapdragon 8 Gen 2 yang dioprek langsung oleh Qualcomm, khusus untuk Samsung, dan diklaim lebih kencang dibanding versi reguler.

Peningkatan ini terletak pada aspek prosesor (CPU), pengolah grafis (GPU), dan pemrosesan kecerdasan buatan (NPU).

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 5 Edisi Nusantara Langsung Ludes Terjual

Bicara soal prosesor, kecepatan clock maksimal yang bisa dihasilkan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy bisa mencapai 3,36 GHz. Hal ini berbeda dengan versi "reguler" dengan kecepatan clock yang mentok di 3,2 GHz.

Beralih ke GPU, SoC dengan GPU Adreno 740 ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi, yakni 719 MHz. Sebagai perbandingan, Adreno 740 pada chipset versi "reguler" mempunyai kecepatan 680 MHz.

Kemudian untuk NPU, pemrosesannya diklaim 40 persen lebih andal untuk menyeimbangkan kebutuhan daya dan tenaga.

Dengan chipset baru, berapa skor benchmark duo smartphone lipat ini? Berikut rinciannya.

Skor benchmark Samsung Galaxy Z Flip 5

Layar depan Galaxy Z Flip 5 dalam kondisi terlipatKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Layar depan Galaxy Z Flip 5 dalam kondisi terlipat
Situs berita gadget GSMArena melakukan pengukuran benchmark untuk Samsung Galaxy Z Flip 5 varian RAM 8 GB/256 GB. Aplikasi yang digunakan untuk mengukur skor benchmark mencakup GeekBench 5, GeekBench 6, AnTuTu, GFXBench, dan 3DMark.

Sebagai catatan, software GeekBench menguji CPU, sedangkan AnTuTu menguji CPU, GPU, dan performa RAM. Kemudian, GFXBench dan 3DMark secara kompak menguji GPU ponsel.

Semakin tinggi skor yang diperoleh, semakin tinggi pula performa sektor yang diuji coba oleh berbagai software di atas itu. Skor yang diperoleh kemudian bisa dibandingkan dengan perangkat lainnya yang di-benchmark dengan software yang sama.

Artinya, hasil benchmark dari GeekBench 5 hanya bisa dibandingkan dengan hasil dari software sama, tidak bisa dibandingkan dengan GeekBench 6 atau aplikasi lainnya.

Nah, secara keseluruhan, skor benchmark yang diperoleh di software GeekBench dan AnTuTu mirip dengan skor Galaxy S23. Akan tetapi, ada sejumlah perbedaan dalam pengujian GFXBench Offscreen.

Baca juga: Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy Z Flip 5 di Indonesia

Di aplikasi GeekBench 5, Galaxy Z Flip 5 menghasilkan skor 4.984 untuk pengujian CPU multi core, dan 1.415 poin untuk pengujian single core. Sebagai perbandingan, Galaxy S23 meraih skor 4.950 untuk uji multi core dan 1.550 untuk single core.

Hasil pengujian Samsung Galaxy Z Flip 5 dengan software GeekBench 5GSMArena Hasil pengujian Samsung Galaxy Z Flip 5 dengan software GeekBench 5
Angka tersebut melampaui skor benchmark Galaxy Z Flip 4 yang mendapatkan skor 3.913 untuk multi core dan 1.270 untuk pengujian single core.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com