Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Seoul dalam Bidikan Samsung Galaxy Z Flip 5

Kompas.com - 30/07/2023, 08:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan duo ponsel lipat anyarnya, Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 di acara "Galaxy Unpacked 2023" yang diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan 26 Juli lalu.

Usai peluncuran, KompasTekno berkesempatan menjajal langsung Samsung Z Flip 5 varian warna Mint. Perangkat tersebut dilengkapi dua kamera belakang dan satu kamera depan. Konfigurasinya masing-masing adalah kamera utama 12 MP (f/1.8), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera selfie 10 MP (f/2.2).

Walau konfigurasinya sama dengan pendahulunya, Galaxy Z Flip 4, perangkat baru ini diklaim mengalami peningkatan di bagian kamera, berkat chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

“Peningkatan dari segi processing (chipset) sehingga output-nya berbeda," ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

"Contohnya efek zoom-nya. Hasilnya berbeda, menjadi lebih jernih,” lanjut Verry.

Baca juga: 6 Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip 5 Dibanding Z Flip 4, Salah Satunya Lebih Rapat

Untuk membuktikan kebolehan kamera tersebut, KompasTekno mencoba menggunakan Galaxy Z Flip 5 untuk memotret situasi dan suasana kota Seoul selama seharian. Mulai dari mengunjungi beberapa tempat wisata di Seoul, jalanan, jajanan di pinggir jalan, serta mengabadikan suasana malam hari.

Hasil foto jernih dan kontras tinggi

Hasil foto Samsung Z Flip 5 menggunakan kamera belakang di rungan terbuka dan cukup cahaya.Warna kuah makanan, minuman bersoda, dan gorengan yang terpajang, cukup jelas dan tampak alami.KOMPAS.com/Caroline Saskia Hasil foto Samsung Z Flip 5 menggunakan kamera belakang di rungan terbuka dan cukup cahaya.Warna kuah makanan, minuman bersoda, dan gorengan yang terpajang, cukup jelas dan tampak alami.

Hasil foto di siang hari, Galaxy Z Flip 5 mampu menghasilkan gambar dengan warna yang cukup jernih, jelas, dan memiliki kontras yang cukup tinggi. Di tengah kondisi Seoul yang sangat terik, perangkat yang dilengkapi fitur HDR ini, bisa menyesuaikan cahaya yang masuk ke dalam lensa.

Alhasil, foto yang dibidik tidak keterangan dan tetap dapat menggambarkan suasana langit dengan baik.

Galaxy Z Flip 5 dapat tetap menangkap awan dan warna langit biru dengan jelas. Saat itu, objek yang dibidik adalah toko Samsung Experience Store di wilayah Gangnam, Seoul. Mode foto yang digunakan adalah mode normal dan ultrawide.

Hasil foto menggunakan kamera ultra wide dengan posisi kamera portrait (vertikal).KOMPAS.com/Caroline Saskia Hasil foto menggunakan kamera ultra wide dengan posisi kamera portrait (vertikal).

Saat menggunakan mode normal, hasil gambar yang dibidik tidak cukup mampu menangkap keseluruhan gedung dari atas hingga bawah. Sementara itu, mode ultrawide memungkinkan pengguna menangkap keseluruhan gedung, tanpa kehilangan detail dan kontras gambar.

Baca juga: Aktor Reza Rahadian Komentari Desain Baru Samsung Galaxy Z Flip 5

Hasil foto zoom dan selfie

Selain itu, kami juga mencoba hasil zoom dari kamera Galaxy Z Flip 5. Mulai dari mode ultrawide, zoom 2x hingga zoom 10x. Untuk mode zoom yang cukup tinggi, tangan harus dalam kondisi stabil. Sebab, semakin tinggi jumlah zoom yang digunakan, sensor menjadi lebih sensitif terhadap gerakan kecil.

Hasil foto menggunakan fitur 10x Zoom di kamera belakang Galaxy Z Flip 5.KOMPAS.com/Caroline Saskia Hasil foto menggunakan fitur 10x Zoom di kamera belakang Galaxy Z Flip 5.

Kami pun turut menjajal kebolehan dari kamera depan (selfie) dari Galaxy Z Flip 5. Dengan resolusi kamera 10 MP, perangkat dapat memotret wajah pengguna dengan jelas. Kontras dan warna dari wajah ataupun objek di latar belakang pun tetap tergambarkan dengan baik.

Hasil swafoto kamera depan Samsung Galaxy Z Flip 5 dengan sensor beresolusi 10 MP (f/2.2).KOMPAS.com/Caroline Saskia Hasil swafoto kamera depan Samsung Galaxy Z Flip 5 dengan sensor beresolusi 10 MP (f/2.2).

Menjelang sore hari di Seoul, hasil foto yang dibidik terlihat jauh lebih estetik. Hal ini dikarenakan matahari sudah mulai terbenam. Sepanjang jalan Seoul juga disinari cahaya matahari sore yang berwarna kuning.

Jalanan juga cukup ramai dipadati orang sehingga membuat hasil gambar menjadi lebih natural. Suasana “kehidupan” di Seoul menjadi lebih tergambarkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com