Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Hilang atau HP Dicuri

Kompas.com - 01/08/2023, 11:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - HP yang hilang atau dicuri tentu hal yang kurang menyenangkan bagi siapa pun. Satu hal yang paling mengkhawatirkan ketika ponsel tidak berada di tangan kita adalah mengenai keamanan media sosial. Terutama keamanan dan privasi pada aplikasi pesan instan WhatApp.

Tentu semua orang khawatir akunnya diretas dan menyebabkan kejahatan siber yang tidak dinginkan. Maka dari itu saat mengetahui HP dicuri maka sesegera mungkin untuk menonaktifkan akun WhatsApp Anda demi keamanan.

Namun tenang saja, setelah menonaktifkan akun WA, Anda bisa mengembalikan lagi akun WhatsApp Anda dengan mudah. Lantas bagaimana menonaktifkan dan cara mengembalikan akun WA yang hilang? berikut ini tutorial yang bisa Anda simak.

Baca juga: Cara Menghapus Akun WhatsApp di Android secara Permanen

Cara menonaktifkan akun WhatsApp

Terdapat dua cara untuk menonaktifkan akun WA.

Menghubungi penyedia kartu SIM operator seluler Anda

Untuk melakukannya, Anda harus menghubungi penyedia jaringan Anda untuk menonaktifkannya sementara. Anda bisa menghubungi customer service operator seluler Anda.

Ini akan membuat pengguna mana pun tidak dapat memverifikasi akun WhatsApp yang dicuri. Hal tersebut karena nomor ponsel tidak dapat lagi menerima panggilan telepon atau SMS apa pun.

Menghubungi pihak WhatsApp

Selain menonaktifkan kartu SIM, pengguna bisa menghubungi WhatsApp via e-mail untuk meminta menonaktifkan WA. Berikut ini contohnya. "Lost/Stolen: Please deactivate my account" atau "Hilang/Dicuri: Harap nonaktifkan akun saya" sertakan juga nomor telepon dalam bentuk internasional dengan kode negara.

Baca juga: Cara Login Satu Akun WhatsApp di Dua HP Sekaligus

Cara mengembalikan akun WA yang hilang atau HP dicuri

Selanjutnya apabila perangkat dirasa sudah aman berikut ini cara memulihkan akun WhatsApp Anda.

  • Pertama Anda perlu mendapatkan kartu SIM dengan nomor ponsel sama yang digunakan pada akun WhatsApp yang dinonaktifkan. Anda bisa menghubungi customer care operator seluler Anda
  • Setelah Anda mengaktifkan kembali nomor Anda di kartu SIM baru. Unduh dan Instal WhatsApp dari Google Play Store (Android) atau App Store (iOS)
  • Kemudain login WA dengan nomor yang Anda gunakan sebelumnya
  • Pastikan untuk tidak menyebarkan kode OTP yang diterima untuk melakukn verifikasi akun WhatsApp
  • Selanjutnya pulihkan dari cadangan WA dan Anda bisa mengakses pesan WhatsApp kembali. Pengguna juga bisa mulai mengoperasikan WhatsApp seperti biasa

Baca juga: Cara Logout Akun WhatsApp dari Perangkat Lain

Itulah cara untuk mengembalikan akun WhatsApp yang hilang atau HP dicuri. Apabila Anda mengalami masalah terkait pemulihan akun WhatsApp dapat menuju dukungan WhatsApp Messenger berikut ini. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com