Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa WhatsApp Desktop Keluar Sendiri? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 27/04/2024, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp Desktop memudahkan pengguna untuk mengakses WhatsApp via PC atau laptop. Hal ini berguna bagi sebagian pengguna yang terbiasa mengakses berbagai data via laptop, seperti membuat dokumen atau membuka website kantor.

Adapun pengguna yang ingin mengakses WhatsApp Desktop umumnya harus menginstal aplikasi WA terlebih dahulu lewat toko aplikasi masing-masing sistem operasi. Misalnya saja pengguna MacBook yang harus mengunduh aplikasi WA di App Store.

Kendati demikian tak jarang pengguna mengalami masalah ketika menggunakan WA desktop. Salah satunya aplikasi WA yang tiba-tiba keluar sendiri.

Lantas mengapa WA desktop sering kelua sendiri dan bagaimana cara mengatasinya? Selengkapnya berikut ini KompasTekno menguraikannya.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Auto Download di WhatsApp Desktop

Penyebab WhatsApp Desktop keluar sendiri

Berikut ini beberapa penyebab mengapa WA desktop bisa keluar sendiri.

Koneksi internet tidak stabil

Koneksi internet yang buruk sering menjadi penyebab utama permasalahan sinkronisasi pada WhatsApp Desktop. Hal ini dapat mengakibatkan pengguna terputus dari layanan tersebut.

Sebagai langkah awal, disarankan bagi pengguna untuk memeriksa stabilitas jaringan internet pada PC mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan tes kecepatan internet melalui browser. Anda bisa mengecek kecepatan internet di situs www.speedtest.net

Versi aplikasi WhatsApp desktop yang usang

Masalah sinkronisasi pada WhatsApp Desktop bisa terjadi jika versi aplikasi yang digunakan sudah usang. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna disarankan untuk membuka aplikasi WhatsApp di toko aplikasi, seperti Microsoft Store atau App Store.

Apabila terdapat versi terbaru yang tersedia, pengguna dapat memperbarui aplikasi dengan menekan tombol 'Perbarui' yang tersedia.

Cache dan data corrupt

Cache dan data yang rusak atau corrupt dalam aplikasi WhatsApp Desktop dapat menyebabkan beberapa masalah teknis, termasuk membuat aplikasi tersebut tiba-tiba berhenti bekerja atau keluar secara otomatis.

Baca juga: WhatsApp Desktop Versi Lama Disetop, Ini Ciri-cirinya

Cara mengatasi WA desktop yang keluar sendiri

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi WA desktop keluar sendiri.

Memperbarui WhatsApp Desktop di toko aplikasi

Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika WA Desktop keluar sendiri adalah karena aplikasi usang. Maka dari itu pengguna bisa mengecek toko aplikasi seperti Microsoft Store atau App Store untuk memperbarui aplikasi WhatsApp.

Cek Koneksi Internet

Pastikan koneksi internet Anda stabil dan cepat. Koneksi internet yang tidak stabil bisa menyebabkan WhatsApp Desktop tidak berfungsi dengan baik. Jalankan tes kecepatan internet untuk memastikan koneksi Anda dalam kondisi optimal. Anda bisa menggunakan situs www.speedtest.net

Uninstal dan Instal Ulang

Selain memperbarui aplikasi, Anda bisa mencoba menghapus (uninstall) WhatsApp Desktop dan menginstalnya kembali dari Microsoft Store/App Store. Ini akan menginstal versi terbaru dari aplikasi dan mungkin dapat mengatasi masalah yang Anda alami.

Beralih ke WhatsApp Web

Apabila pengguna masih kesulitan mengatasi WA Desktop yang masih tidak bisa digunakan, maka cobalah beralih ke aplikasi WhatsApp Web. Aplikasi WhatsApp Web membantu pengguna tetap bisa mengakses aplikasi WA versi PC atau laptop

Itulah beberapa penyebab mengapa WhatsApp Desktop sering keluar sendiri dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com