Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fotografer Fesyen Thomas Sito Bagikan Tips Motret Portrait dengan HP

Kompas.com - 02/08/2023, 15:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo berencana meluncurkan jajaran ponsel terbaru Reno 10 Series dalam sebuah acara pada 8 Agustus 2023 mendatang. Salah satu model yang akan diluncurkan adalah model teratas Oppo Reno 10 Pro Plus.

Ponsel ini dipakai untuk memotret 1.000 obyek wajah yang dipamerkan lewat kampanye "1000 Portraits of Dreams" yang diluncurkan di Oppo Gallery, Gandaria City, Jakarta Selatan pada hari ini, Rabu (2/8/2023).

Oppo pun menggandeng beberapa fotografer untuk memotret sejumlah obyek wajah dari total ribuan obyek wajah tersebut, salah satunya adalah fotografer fesyen Thomas Sito. Menurut Thomas, ada satu fitur yang sangat berguna dalam proyek ini, yaitu "Teleportrait".

Teleportrait merupakan sebuah mode yang memungkinkan pengguna menghasilkan foto obyek wajah dengan latar belakang buram (blur) alias portrait, namun dengan jarak yang cukup jauh.

Baca juga: Oppo Pamer Kemampuan Foto Portrait Reno 10 Series Jelang Peluncurannya di Indonesia

Fitur ini, menurut Thomas, sangat cocok untuk memotret beragam obyek wajah dengan latar belakang yang buram.

"Karena semakin jauh lensa kamera dengan obyek, maka wajah dari obyek tersebut juga akan semakin menonjol dari obyek lainnya yang dibidik kamera," jelas Thomas kepada awak media.

Thomas menjelaskan bahwa dalam mengambil foto, ia menggunakan Reno 10 Pro Plus dengan mode "Portrait", tidak menggunakan mode kamera profesional alias " Pro". Dalam mode ini, ia lantas bisa menggunakan lensa telefoto untuk "lebih dekat" dengan obyek yang difotonya.

"Saya menggunakan mode ini karena cukup mudah hanya satu klik saja. Kemudahan ini juga berkat adanya fitur AI di kamera Reno 10 Series yang cukup responsif mendeteksi wajah obyek, sehingga mode portrait bisa diaktifkan dengan mudah," imbuh Thomas.

Ilustrasi Oppo Reno 10 Pro Plus.KOMPAS.com/Bill Clinten. Ilustrasi Oppo Reno 10 Pro Plus.

Perlu fokus di obyek wajah

Thomas sendiri menyebut fitur pendeteksi wajah karena mode Portrait di Reno 10 Pro Plus sejatinya hanya bisa aktif apabila ponsel mendeteksi obyek wajah ketika memotret.

Artinya, pengguna, lanjut Thomas, disarankan untuk memperhatikan apakah ponsel sudah bisa mendeteksi wajah obyek yang dibidik atau belum, sebelum foto portrait diambil.

Baca juga: Hasil Foto Portrait Oppo Reno 10 Pro+ 5G, Serupa Profesional

"Pastikan obyek wajah yang ingin dibidik bisa mendapatkan fokus yang baik. Dengan ini, foto portrait bisa dihasilkan dengan bagus, meski kondisi sekitar ramai dengan orang atau kondisi latar belakang obyek terdapat banyak gangguan dan obyek lainnya," kata Thomas.

Selain tips-tips di atas, Thomas juga menyebut bahwa kamera Reno 10 Pro Plus pas untuk memotret obyek portrait. Sebab, tingkat buram dari sebuah foto bisa diatur lebih lanjut dalam proses pemotretan, atau ketika hasil foto sudah jadi dan bisa dilihat melalui aplikasi galeri foto.

"Tingkat buram dari foto portrait bisa diatur berdasarkan bukaan lensa (aperture) di aplikasi kamera atau galeri. Sehingga, pengguna bisa membuat obyek portrait yang mereka foto lebih menonjol," jelas Thomas.

Bocoran spesifikasi Oppo Reno 10 Pro Plus

Seperti disebutkan di atas, Reno 10 Pro Plus merupakan salah satu model dari Reno 10 Series yang akan dirilis di Indonesia.

Oppo Reno 10 Pro Plus.GSMArena Oppo Reno 10 Pro Plus.

Apabila mengacu pada peluncurannya di pasar global, ponsel ini dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8, 1/1,56 inci, OIS), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera telefoto/periskop 64 MP (3x optical zoom, 120x digital zoom).

Adapun kamera telefoto ponsel ini dibekali dengan fitur Teleportrait yang sempat disinggung Thomas tadi, yang berfungsi untuk memotret obyek wajah dari jarak jauh.

Untuk spesifikasi lainnya, Oppo Reno 10 Pro Plus kabarnya akan mengusung layar 6,74 inci, chipset Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1, RAM 12 GB, penyimpanan media 256 GB, baterai 4.700 mAh, dan fast charging SuperVOOC 100 watt.

Belum bisa dipastikan apakah bocoran terkait Reno 10 Pro Plus ini akurat atau tidak. Yang jelas, informasi mengenai kemampuan ponsel tersebut, begitu juga harganya, akan disampaikan pada 8 Agustus 2023 mendatang. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com