Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meta Rilis AudioCraft, AI untuk Bikin Musik dari Teks

Kompas.com - 03/08/2023, 18:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber About FB

KOMPAS.com - Induk Facebook, Instagram, dan WhatsApp, Meta, memperkenalkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) terbarunya bernama AudioCraft. Platform AI AudioCraft dapat membuat musik atau lagu berdasarkan perintah teks yang dimasukkan pengguna.

Jika dibayangkan, produk AI ini mirip dengan beberapa platform musik populer macam Soundraw, Loudly, Boomy, MuseNet milik OpenAI, hingga MusicLM milik Google.

Menurut Meta, AudioCraft berbeda dari platform pembuatan musik lainnya. Sebab, alat ini diklaim bisa membuat sebuah produk audio baru dengan kualitas yang tinggi.

Untuk menghasilkan audio berkualitas, Meta mengandalkan tiga model AI, yaitu AudioGen, EnCodec, dan MusicGen.

Baca juga: Hacker Makin Mudah Bikin Malware Menggunakan AI

Seperti namanya, MusicGen merupakan model AI yang akan digunakan untuk membuat sebuah lagu atau musik baru. Meta menyebut musik ini tak akan melanggar hak cipta, lantaran musik-musik di dalam model AI sudah mendapatkan lisensi.

Kemudian, model AI AudioGen digunakan untuk menghasilkan sebuah audio atau efek suara umum. Meta menyebut model AI ini bisa menghasilkan beberapa model suara alam, hewan, mobil, dan lain sebagainya.

Sementara EnCodec merupakan model AI yang bisa membuat musik yang lebih berkualitas dengan sejumlah sampel AI sederhana, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AboutFB.com, Kamis (3/8/2023).

Meta tak menyebutkan bagaimana pengguna awam bisa menggunakan dan memanfaatkan AudioCraft. 

Baca juga: India Uji Coba AI Jadi Penyiar Berita, Tampil Luwes Tapi Monoton

Namun yang jelas, alat AI ini bebas dipakai semua orang (open source), termasuk oleh para pengembang aplikasi yang ingin menyelipkan sebuah fitur AI yang memproduksi musik atau suara dari input teks pengguna. 

Informasi selengkapnya mengenai AudioCraft, serta beberapa demo dan kode terkait platform AI tersebut, bisa disimak dalam tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com