Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Meet Bisa Bikin Background Pakai Teknologi AI

Kompas.com - 21/07/2023, 19:10 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google menyiapkan fitur baru untuk aplikasi video konferensi Google Meet. Fitur ini mengintegrasikan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) ke dalam Meet.

Dengan AI ini, pengguna bisa membuat gambar latar belakang dengan mudah. Pengguna cukup menuliskan gambar latar belakang yang diinginkan dalam kolom yang tersedia. Nantinya, Google Meet secara otomatis akan membuatkan gambar tersebut menggunakan AI.

Kehadiran fitur ini pertama kali diungkap oleh pendiri outlet media asing Android Police, Artem Russakovskii, di Twitter dengan handle @ArtemR.

“Google Meet sedang meluncurkan (fitur) yang mendukung gambar latar berteknologi AI,” tulis Artem di Twitter.

Kehadiran fitur ini juga dikonfirmasi oleh Google. Dalam cuitan yang sama, Artem mencatutkan tautan yang mengarahkan ke halaman Google Support.

Baca juga: Sutradara Oppenheimer: Bahaya AI seperti Bom Atom

Laman yang berjudul “Create background image with AI in Google Meet” (Ciptakan gambar latar dengan AI di Google Meet) memberi penjelasan mendalam terkait fitur AI yang dapat menghasilkan sebuah gambar dari sebuah kalimat.

“Di dalam Google Meet, Anda dapat menggunakan perintah 'Generate a background' untuk menciptakan gambar latar belakang menggunakan kecerdasan buatam. Misalnya, Anda dapat meminta Google Meet menciptakan ilustrasi tentang 'magical forest',” tulis Google.

Ketika mengakses Google Meet atau ingin bergabung ke dalam konferensi online, pengguna bisa terlebih dulu mengatur latar belakang foto agar terlihat lebih rapi.

Sebelum bergabung, pengguna akan disuguhkan pilihan, apakah ingin mengaktifkan microphone dan kamera sekaligus atau tidak.

Di saat yang bersamaan, pengguna dapat mengekik “Apply visual effects” dengan logo bintang bersinar di pojok kanan bawah. Setelah diklik, pengguna dapat melihat tabs “Effect”.

Tampilan fitur baru Google Meet yang tengah diuji coba. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menciptakan background footo menggunakan teknologi AIGoogle Tampilan fitur baru Google Meet yang tengah diuji coba. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menciptakan background footo menggunakan teknologi AI

Di halaman itulah akan muncul tulisan “Generate a background” dan kolom untuk menulis perintah (prompt), guna menciptakan foto background yang diinginkan.

Kolom di bawahnya, pengguna juga dapat memilih gaya dari foto tersebut, seperti photography, science fiction, fantasi, animasi 3D, ilustrasi, monokrom (hitam putih), dan sebagainya.

Jika sudah menulis perintah, pengguna dapat mengeklik “Create sample”.

Nantinya, AI bakal menawarkan sejumlah pilihan gambar menyesuaikan prompt yang sudah diketik disertai gaya foto yang sudah dipilih. Jika foto latar sudah sesuai, Anda bisa langsung bergabung ke dalam ruang pertemuan online.

Akan tetapi, Google mencatutkan sebuah persyaratan tertentu. Fitur AI yang tengah diuji coba hanya dapat diakses menggunakan situs web yang didukung Google saja.

Baca juga: Google Meet Kini Mendukung Video Full HD, tapi Ada Syaratnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com