Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hacker, Ini Arti Centang Hijau di Akun WhatsApp

Kompas.com - 03/08/2023, 19:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di media sosial, belakangan beredar sebuah narasi yang menyebut bahwa akun "WhatsApp" dengan centang hijau, diduga sebagai peretas (hacker).

Narasi itu kabarnya sempat beredar di beberapa WhatsApp Group (WA Grup). Salah satu akun X (dulu Twitter) mengunggah tangkapan layar chatroom (ruang obrolan) yang menampilkan akun bernama "WhatsApp" dengan tanda centang hijau.

Gambar tangkapan layar itu dilengkapi dengan keterangan berbunyi, "Bila menerima notifikasi seperti di atas (dilingkari), harap jangan dibuka. Bukan dari WhatsApp tapi dari hacker!!!".

Ilustrasi. Media sosial dan grup WhatsApp keluarga diramaikan dengan postingan yang menarasikan ada akun WhatsApp dengan centang hijau sebagai peretas (hacker). Narasi ini keliru.
KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi. Media sosial dan grup WhatsApp keluarga diramaikan dengan postingan yang menarasikan ada akun WhatsApp dengan centang hijau sebagai peretas (hacker). Narasi ini keliru.

Padahal, beberapa akun WhatsApp bisnis juga memiliki centang hijau di sebelah nama akun tersebut.

Sebagian besar akun WhatsApp yang memiliki centang hijau adalah akun WhatsApp Business yang dimiliki oleh perusahaan, sebut saja seperti Gojek, Grab, IndiHome, Vidio, Tiket.com, dan lain sebagainya. 

Lantas, apakah akun-akun WhatsApp centang hijau selain akun resmi WhatsApp tadi ini merupakan akun hacker juga? Tentu saja tidak.

Berdasarkan penjelasan di halaman bantuan WhatsApp, akun dengan centang hijau atau lencana hijau di samping nama akun tersebut merupakan akun resmi yang dimiliki oleh suatu perusahaan. 

"Lencana hijau di samping nama kontak mengonfirmasi bahwa akun ini merupakan akun bisnis yang autentik dan dikenal (terdaftar) di WhatsApp," tulis WhatsApp dalam laman resminya

Baca juga: Ramai Akun Chat WhatsApp Centang Hijau Dikira Hacker, Ini Penjelasannya

Menurut WhatsApp, lencana hijau ini dibubuhkan di samping nama akun untuk mempermudah dan meningkatkan kenyamanan pengguna, bahwa mereka terhubung atau diberikan informasi oleh akun-akun yang terpercaya. 

WhatsApp tidak menjelaskan bagaimana sebuah bisnis atau akun perusahaan bisa mendapatkan lencana hijau atau centang hijau.

Namun, mereka mengatakan bahwa pemberian lencana hijau ini terbatas pada beberapa perusahaan yang memiliki akun WhatsApp Business saja.

"Verifikasi (centang hijau) WhatsApp Business terbatas pada sejumlah kecil bisnis yang berpartisipasi dalam program pendaftaran awal yang tertutup," jelas WhatsApp. 

Ciri-ciri akun resmi WhatsApp centang hijau

Karena terbatas ke akun bisnis tertentu, tidak banyak akun WhatsApp Business yang memiliki centang hijau. Sehingga, pengguna harus berhati-hati apabila mendapati akun WhatsApp yang seolah-olah tampak memiliki lencana hijau, seperti akun resmi.

Sebab, bukan tidak mungkin ada pihak yang akan membuat akun WhatsApp seolah resmi, dengan tujuan kejahatan. Adapun ciri-ciri akun resmi WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Chat WhatsApp resmi ditandai dengan tanda centang hijau terverifikasi dan memiliki deskripsi "Akun WhatsApp Resmi".
  • Jika Anda menerima obrolan dari akun resmi WhatsApp, pengguna akan melihat pesan sistem ini: "Ini adalah akun resmi WhatsApp. Ketuk untuk mempelajari lebih lanjut".
  • Pengguna tidak dapat mengirim pesan ke chat ini dan tidak akan diminta untuk membagikan informasi pribadi apa pun.

Bila ada satu ciri yang tak terpenuhi, maka bisa dipastikan bahwa chat itu meniru akun WhatsApp resmi.

WhatsApp menagaskan bahwa apabila pengguna menerima pesan obrolan dari akun tanpa tanda centang hijau yang mengaku sebagai WhatsApp, itu adalah penipuan.

"Pengguna tidak boleh membalas siapa pun yang berpura-pura menjadi WhatsApp. Tolong laporkan dan blokir nomor tersebut," kata WhatsApp sebagaimana dikuti KompasTekno dari laman resmi FAQ WhatsApp, Kamis (3/8/2023).

Baca juga: Jangan Kaget Terima Chat dari Akun WhatsApp Centang Hijau

Cara memblokir akun WhatsApp centang hijau

Sama seperti akun WhatsApp lain, akun WhatsApp Business centang hijau juga bisa diblokir. Hal ini tentunya bertujuan agar pengguna tak terganggu dengan informasi yang diberikan oleh akun resmi berbagai perusahaan tersebut.

Jika Anda ingin memblokir akun-akun WhatsApp yang memiliki centang hijau ini, maka Anda bisa mengikuti cara berikut:

  • Buka chat dari akun centang hijau.
  • Ketuk nama bisnis dan pilih menu "Block".
  • Untuk membuka blokir, buka menu Settings > Privacy > Blocked contacts.
  • Di sini, pilih kontak yang ingin dibuka blokirnya dan klik tombol "Unblock".
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com