Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Sudah Dihapus dengan Mudah

Kompas.com - 02/08/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengembalikan akun WhatsApp yang sudah dihapus kiranya perlu diketahui oleh pengguna. WhatsApp atau biasa disingkat WA, menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus akun miliknya.

Hapus akun WhatsApp biasanya dibutuhkan ketika pengguna tak ingin lagi memakai WhatsApp. Kemudian, hapus akun biasanya dibutuhkan pula ketika pengguna ingin membuat akun WhatsApp yang baru.

Baca juga: Cara Membuat Nama WhatsApp Kosong atau Blank dengan Mudah

Untuk menghapus akun WhatsApp, caranya bisa melalui menu menu “Pengaturan” atau “Settings” di aplikasi WhatsApp. Selanjutnya, pilih menu pengaturan “Akun”. Kemudian, klik opsi “Hapus Akun Saya”.

Setelah itu, akun WhatsApp pengguna bakal dihapus. Lantas, apakah akun WhatsApp yang dihapus bisa dikembalikan? Pengguna pada dasarnya bisa kembali memakai akun WhatsApp yang sudah dihapus.

Lalu, bagaimana cara mengembalikan akun WhatsApp yang sudah dihapus? Cara mengembalikan akun WhatsApp yang sudah dihapus itu cukup mudah. Pengguna hanya perlu mendaftarkan kembali nomor telepon miliknya menjadi akun WhatsApp.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara mengembalikan akun WhatsApp yang sudah dihapus dengan mudah.

Cara mengembalikan akun WhatsApp yang sudah dihapus

  • Setelah akun WhatsApp terhapus, buka aplikasi WhatsApp di ponsel.
  • Selanjutnya, lakukan pendaftaran kembali nomor telepon yang sama seperti digunakan untuk akun WhatsApp yang telah dihapus sebelumnya.
  • Setelah itu, masukkan kode OTP di aplikasi WhatsApp yang dikirim ke nomor telepon tersebut.
  • Kemudian, masukkan nama profil akun WhatsApp.
  • Kini, akun WhatsApp yang telah dihapus telah kembali lagi dan bisa dipakai untuk berinteraksi dengan pengguna lain.

Itulah penjelasan mengenai cara mengembalikan akun WhatsApp yang sudah dihapus. Perlu diketahui, cara mengembalikan akun WhatsApp yang sudah dihapus tersebut sejatinya tidak memulihkan data pengguna sebelumnya.

Hapus akun WhatsApp memiliki sejumlah dampak yang perlu diketahui. Lantas, apa yang terjadi jika menghapus akun WhatsApp? Adapun penjelasan dampak hapus akun WhatsApp adalah sebagai berikut.

Dampak hapus akun WhatsApp

Hapus akun WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus semua data akunnya dari WhatsApp. Hapus akun WhatsApp berguna untuk ketika pengguna tidak ingin lagi memakai akunnya karena, misal, nomor teleponnya telah berganti.

Baca juga: 3 Cara Keluar dari WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop dengan Mudah

Atau, bisa juga pengguna sudah tidak ingin menggunakan WhatsApp sama sekali. Hapus akun WhatsApp itu sifatnya permanen. Pengguna tidak bisa mengembalikan lagi akun WhatsApp beserta data-data yang terlanjur dihapus.

Pengguna, bahkan WhatsApp sendiri, tidak dapat melakukan pembatalan proses penghapusan. Lantaran sifatnya permanen, pengguna perlu mengetahui dampak hapus akun WhatsApp terlebih dahulu untuk menjadi pertimbangan ketika hendak melakukannya.

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, dampak hapus akun WhatsApp yang pertama adalah informasi akun dan foto profilnya akan terhapus. Bila sudah dihapus, nomor telepon yang sebelumnya terdaftar tidak akan tertaut lagi sebagai nomor telepon untuk akun WA.

Kedua, dampak hapus akun WhatsApp adalah riwayat pesan dan cadangan pesan di iCloud atau Google Drive akan dihapus. Jadi, pengguna yang akunnya dihapus tak akan lagi memiliki cadangan pesan yang tersimpan sebelumnya di layanan Cloud tersebut.

Ketiga, dampak hapus akun WhatsApp adalah pengguna bakal dikeluarkan secara otomatis dari semua grup chat yang ada. Saat dihapus, akun WA pengguna tidak akan lagi terhubung dengan grup chat. Anggota lain di grup bakal melihat akun tersebut keluar otomatis.

Hapus akun WhatsApp tidak akan menghilangkan chat pengguna yang sudah dikirim dan terdapat pengguna lain. Pengguna lain masih bisa melihat semua chat yang dikirim oleh akun WA yang dihapus. Bila akun WA yang dihapus di-chat maka pesannya hanya centang satu.

Proses menghapus semua informasi akun WhatsApp membutuhkan waktu hingga 90 hari sejak pengguna memulai tindakan hapus akun. Proses penghapusan ini tidak bisa dibatalkan dan pengguna tidak akan bisa memperoleh akses ke akunnya kembali.

Dengan dampak seperti itu, pengguna bisa mengembalikan akun WhatsApp yang sudah dihapus. Akan tetapi, semua datanya bakal direset menjadi seperti akun WhatsApp baru. Data sebelum akun dihapus tidak akan dipulihkan kembali saat pengguna daftar ulang.

Jadi, setelah melakukan cara di atas, pengguna bisa mendapatkan kembali akun WhatsApp dengan nomor telepon yang sama seperti pada akun WhatsApp yang telah dihapus. Namun, data seperti chat, grup, media, dan lainnya, tidak akan muncul lagi.

Baca juga: Cara Hapus Akun WhatsApp di iPhone dan Dampaknya yang Perlu Diketahui

Akun WhatsApp pengguna jadi benar-benar dalam kondisi baru setelah melakukan daftar ulang, yang mana tidak ada riwayat chat, grup, media tersimpan, dan lainnya. Mengingat dampak ini, pengguna sebaiknya mempertimbangkan dulu sebelum hapus akun WhatsApp.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com