Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Logout WhatsApp Tanpa Menghapus Akun dengan Mudah

Kompas.com - 05/08/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara keluar dari WhatsApp tanpa menghapus akun kiranya penting untuk diketahui pengguna. Logout atau keluar dari akun WhatsApp biasanya dibutuhkan ketika pengguna ingin berganti akun di satu ponsel atau HP.

Pengguna mungkin bingung untuk logout akun WhatsApp di HP. Pasalnya, aplikasi WhatsApp di HP tidak menyediakan tombol logout akun. Di aplikasi WhatsApp, untuk pengelolaan akun, hanya tersedia opsi hapus akun.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Hapus Akun WhatsApp? Begini Dampaknya

Namun, tindakan logout akun dan hapus akun itu sejatinya berbeda. Logout merupakan tindakan mengeluarkan akun secara sementara dan datanya tetap tersedia. Sementara itu, hapus akun adalah tindakan menghapus semua data akun secara permanen.

Jadi, pengguna tak bisa melakukan logout jika memilih opsi hapus akun. Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui cara logout WhatsApp tanpa menghapus akun. Lantaran tak ada tombol logout akun, lantas bagaimana cara logout WhatsApp tanpa menghapus akun?

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara logout WhatsApp tanpa menghapus akun.

Cara logout WhatsApp tanpa menghapus akun

Setidaknya terdapat dua cara logout WhatsApp tanpa menghapus akun. Secara umum, kedua cara logout WhatsApp tanpa menghapus akun itu memerlukan tindakan untuk mengeluarkan penautan akun di aplikasi.

Berdasarkan percobaan KompasTekno, mengeluarkan penautan akun di aplikasi untuk logout akun WhatsApp bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menghapus data aplikasi dan menginstal ulang aplikasi. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Baca juga: Cara Membuat Nada Dering WA Sebut Nama Sendiri Tanpa Aplikasi dengan Mudah

1. Logout akun WhatsApp dengan menghapus data aplikasi

  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Selanjutnya, silakan mulai menghapus data aplikasi WhatsApp.
  • Untuk menghapus data aplikasi WhatsApp, caranya di tiap HP bisa berbeda-beda.
  • Jika di HP Android Xiaomi, pengguna bisa membuka menu pengaturan “Aplikasi”. Kemudian, pilih opsi “Kelola Aplikasi” dan pilih aplikasi WhatsApp. Setelah itu, klik opsi “Hapus Data”
  • Setelah menghapus data aplikasi, aplikasi WhatsApp akan direset seperti aplikasi baru dan akun WhatsApp pengguna bakal dikeluarkan.
  • Selanjutnya, pengguna dapat login di aplikasi WhatsApp menggunakan akun yang berbeda. Akun WhatsApp yang tadi telah dikeluarkan juga bisa dipakai kembali untuk login dan datanya yang telah tercadangkan bakal tetap tersedia.

Ilustrasi cara logout WhatsApp tanpa menghapus akun dengan menghapus data aplikasi.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara logout WhatsApp tanpa menghapus akun dengan menghapus data aplikasi.

2. Logout akun WhatsApp dengan menginstal ulang aplikasi

Seperti yang sempat disinggung di atas, mengeluarkan penautan akun di aplikasi untuk logout akun WhatsApp juga bisa dilakukan dengan menginstal ulang aplikasi. Caranya, pengguna bisa menghapus aplikasi WhatsApp di HP.

Setelah itu, pengguna dapat mengunduh aplikasi WhatsApp dari toko aplikasi dan menginstalnya kembali. Setelah terinstal kembali, akun WhatsApp di aplikasi yang sebelum dihapus bakal dikeluarkan.

Selanjutnya, pengguna dapat login di aplikasi WhatsApp yang telah diinstal ulang, menggunakan akun yang berbeda. Akun WhatsApp yang tadi telah dikeluarkan juga bisa dipakai kembali untuk login dan datanya yang telah tercadangkan bakal tetap tersedia.

Cukup mudah bukan cara keluar dari WhatsApp tanpa menghapus akun? Dengan dua cara di atas, pengguna bisa logout akun WhatsApp tanpa menghapus akun. Demikianlah penjelasan cara keluar dari WhatsApp tanpa menghapus akun.

Sebagai informasi tambahan, dikutip dari laman resmi WhatsApp, akun yang telah dikeluarkan dari WhatsApp bisa dihapus otomatis secara permanen jika tidak diaktifkan atau dipakai kembali selama 120 hari.

Baca juga: 3 Cara Membuat Foto Profil WhatsApp Kosong dengan Mudah

Dengan demikian, pengguna perlu senantiasa mengelola akun WhatsApp miliknya untuk tetap dalam kondisi aktif dengan tidak melebihi batas waktu tersebut, supaya tidak dihapus secara permanen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com