Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Cek LCD iPhone Asli atau KW dengan Mudah, Perhatikan

Kompas.com - 05/08/2023, 14:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara cek LCD iPhone ori atau KW kiranya kiranya penting untuk diketahui pengguna. Ketika hendak membeli iPhone, terutama iPhone bekas, pengguna bisa memeriksa apakah iPhone tersebut memakai LCD asli (orisinal/ori) atau LCD imitasi alias KW.

Kondisi LCD asli atau KW pada iPhone bekas itu perlu dicek. Sebab, iPhone bekas pada dasarnya sudah dipakai oleh pengguna lain. iPhone bekas itu bisa jadi telah mengalami kerusakan pada bagian LCD dan telah diganti.

Baca juga: 8 Cara agar Battery Health iPhone Tak Turun Drastis, Perhatikan

Untuk diketahui, penggantian komponen, termasuk bagian layar atau LCD, dapat mempengaruhi performa iPhone. Dengan demikian, pengguna perlu mengetahui cara cek LCD iPhone ori atau KW.

Lantas, bagaimana cara mengecek LCD iPhone asli atau KW? Cara cek LCD iPhone ori atau KW itu cukup mudah. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara cek LCD iPhone ori atau KW.

Cara cek LCD iPhone ori atau KW

Apple menyediakan beberapa cara yang memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi iPhone menggunakan layar asli dari mereka atau layar KW dari produsen pihak ketiga. Identifikasi itu bisa dilakukan secara mandiri oleh pengguna.

1. Cek di menu pengaturan

Pertama, pengguna bisa cek LCD iPhone asli atau KW melalui menu pengaturan. Mulai iOS 15.2 dan yang lebih baru, iPhone dibekali fitur status riwayat komponen dan servis perangkat. Fitur ini bakal melaporkan informasi jika terdapat tindakan servis pada iPhone.

Lewat fitur status riwayat komponen dan servis perangkat itu, pengguna dapat mengetahui
beberapa komponen iPhone yang telah diganti, termasuk untuk komponen layar atau LCD. Fitur untuk cek riwayat servis itu sayangnya tidak tersedia pada semua model iPhone.

Pengguna bisa cek LCD iPhone pernah diganti atau tidak lewat fitur itu hanya pada model iPhone 11 dan yang lebih baru. Untuk cek LCD iPhone pernah diganti atau tidak lewat fitur status riwayat komponen dan servis perangkat, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di iPhone.
  • Selanjutnya, pilih menu “Umum” dan klik opsi “Mengenai”.
  • Pada opsi tersebut, jika tak muncul status riwayat komponen dan servis perangkat maka iPhone belum pernah diservis atau belum ada komponen yang diganti. Jadi, layar iPhone belum pernah diganti alias masih asli bawaan pabrik.
  • Sebaliknya, jika muncul status riwayat komponen dan servis perangkat untuk komponen layar maka layar di iPhone telah diganti.

Bila telah diganti, terdapat dua kemungkinan status yang bakal muncul di menu pengaturan. Pertama, status komponen layar sebagai “Komponen Asli Apple” atau “Genuine Apple Part”. Status ini menunjukkan bahwa LCD iPhone telah diganti dengan komponen asli dari Apple.

Ilustrasi status Komponen Asli Apple pada komponen layar sebagai penunjuk bahwa LCD iPhone diganti menggunakan komponen asli dari Apple.Apple.com Ilustrasi status Komponen Asli Apple pada komponen layar sebagai penunjuk bahwa LCD iPhone diganti menggunakan komponen asli dari Apple.

Jika status tersebut diklik, pengguna bakal bisa mengetahui juga tanggal servis atau tanggal penggantian komponen layar. Penggantian layar iPhone dengan komponen asli biasa dilakukan di Authorized Apple Service Provider.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Baterai iPhone agar Tidak Cepat Habis atau Boros

Kedua, status komponen layar sebagai “Komponen Tidak Dikenal” atau “Unknown Part”. itu muncul untuk menunjukkan LCD iPhone sudah diganti, tetapi komponen penggantinya bukanlah asli dari Apple alias KW.

Ilustrasi status Komponen Tidak Dikenal pada komponen layar sebagai penunjuk bahwa LCD iPhone diganti menggunakan komponen yang bukan asli dari Apple.Apple.com Ilustrasi status Komponen Tidak Dikenal pada komponen layar sebagai penunjuk bahwa LCD iPhone diganti menggunakan komponen yang bukan asli dari Apple.

2. Cek fitur True Tone

Selain lewat fitur status riwayat komponen dan servis perangkat di menu pengaturan, pengguna juga bisa cek LCD iPhone dengan memeriksa fitur True Tone. Salah satu perbedaan LCD iPhone ori dan KW bisa dilihat dari fungsi True Tone.

Untuk diketahui, True Tone adalah fitur yang memungkinkan layar berganti warna cahaya secara otomatis, dari terang ke hangat dan sebaliknya. Fitur ini tersedia pada iPhone 8 dan yang lebih baru. Jika memakai LCD KW, fitur True Tone bakal tak tersedia.

Seandainya tersedia, fitur True Tone pada LCD KW iPhone kemungkinan besar tidak dapat berfungsi dengan benar.

3. Cek warna tampilan

Perbedaan LCD iPhone ori dan KW yang berikutnya bisa dilihat melalui warna tampilan. Dikutip dari laman resmi Apple, LCD iPhone KW punya warna tampilan yang tidak sesuai, bisa tampak terlalu kuning atau biru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com