Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Xiaomi Pad 6 Max Resmi, Layar Lebih Besar dari Xiaomi Pad 6 Pro

Kompas.com - 15/08/2023, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Bersamaan dengan acara peluncuran ponsel lipat Mix Fold 3 yang digelar di China pada Senin (14/8/2023) kemarin, Xiaomi turut memperkenalkan sejumlah perangkat anyar mereka. 

Salah satunya adalah tablet Android terbaru yang merupakan keluarga dari Xiaomi Pad 6 Series, yaitu Xiaomi Pad 6 Max. Xiaomi Pad 6 Max mengusung spesifikasi yang lebih tinggi dibanding Xiaomi Pad 6 dan Pad 6 Pro, yang sudah dirilis bulan April lalu.

Dibandingkan dua "saudaranya" yang sama-sama memiliki layar 11 inci, Xiaomi Pad 6 Max kini memiliki layar yang lebih besar dengan 14 inci. 

Dengan layar sebesar ini, Xiaomi mengeklaim tablet Android teranyarnya ini bisa memberikan area layar 62 persen lebih luas dari Xiaomi Pad 6 Pro

Baca juga: Xiaomi Mix Fold 3 Resmi, Ponsel Lipat dengan Kamera Periskop

Lebih lanjut, layar lega di Xiaomi Pad 6 Max mengadopsi panel IPS LCD dan mendukung resolusi 2.8K dengan warna 10-bit, tingkat kecerahan 600 nit, serta dukungan HDR10.

Meski lebih luas, refresh rate pada layar Xiaomi Pad 6 Max kini "disunat" menjadi 120 Hz, dari 144 Hz di Xiaomi Pad 6 Pro. 

Xiaomi Pad 6 Max.GSMArena Xiaomi Pad 6 Max.

Selain layar, kapasitas baterai di Xiaomi Pad 6 Max juga kini lebih besar, yakni 10.000 mAh, meningkat dari 8.600 mAh di Xiaomi Pad 6 Pro. Baterai sebesar ini bisa diisi dengan teknologi pengisian cepat 67W.

Karena layar dan baterainya lebih besar, tak heran jika Xiaomi Pad 6 Max juga lebih berat dari Xiaomi Pad 6 Pro. Secara bobot, tablet terbaru Xiaomi ini memiliki berat mencapai 750 gram, jauh lebih berat dari Xiaomi Pad 6 Pro dengan 490 gram.

Pada aspek hardware, Xiaomi Pad 6 Max ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang dipadukan dengan konfigurasi RAM hingga 16 GB, serta kapasitas media penyimpanan (storage) hingga 1 TB. Chipset tersebut sama dengan yang disematkan pada Xiaomi Pad 6 Pro.

Fitur pendukung lainnya yang ada di Xiaomi Pad 6 Max mencakup delapan buah speaker berteknologi Dolby Atmos, serta sistem operasi Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka MiUI Pad 14. 

Baca juga: Xiaomi Pad 6: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Ilustrasi Xiaomi Pad 6 Max yang dilengkapi keyboard dengan trackpad, mirip dengan laptop.GSMArena Ilustrasi Xiaomi Pad 6 Max yang dilengkapi keyboard dengan trackpad, mirip dengan laptop.

Ada pula kamera 50 MP (f/1.8) dan 2 MP (f/2.4) yang menghiasi bagian belakang perangkat, serta kamera 20 MP (f/2.2) yang ada di bagian depan perangkat.

Kamera depan sendiri ditemani dengan sebuah lampu indikator yang akan menyala ketika kamera tersebut sedang dipakai.

Tablet terbaru Xiaomi ini juga bisa dipasangkan dengan beberapa aksesori pendukung, seperti papan ketik (keyboard) yang sudah dibekali dengan trackpad, serta pena digital (stylus) yang memiliki tombol untuk presentasi dan pointer laser.

Dengan adanya keyboard yang memiliki trackpad, Xiaomi mengeklaim Xiaomi Pad 6 Max bisa dijadikan sebagai pengganti laptop. 

Di China, Xiaomi Pad 6 Max tersedia dalam varian warna Black dan Silver. Harga Xiaomi Pad 6 Max termurah adalah 3.600 yuan (sekitar Rp 7,6 juta) untuk varian 8 GB/256 GB, dan termahal 4.800 yuan (sekitar Rp 10,1 juta) untuk varian 16 GB/1 TB.

Belum bisa dipastikan apakah tablet ini akan ikutan dirilis di Indonesia atau tidak. Saat ini, Xiaomi hanya memasukkan Xiaomi Pad 6 saja ke pasar Tanah Air, dan tablet tersebut dijual dengan harga Rp 5 juta (8 GB/256 GB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com