Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trio Tablet Samsung Galaxy Tab S9 Meluncur di Indonesia, Varian Terbesar Harga Rp 22 Juta

Kompas.com - 15/08/2023, 14:32 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memboyong ponsel lipat terbarunya, Samsung juga merilis tablet Galaxy Tab S9 series di Indonesia, Selasa (15/8/2023).

Tablet yang diperkenalkan terdiri dari tiga model, yakni Galaxy Tab S9 “reguler”, Galaxy Tab S9 Plus, dan Galaxy Tab S9 Ultra. Dari ketiganya, model dengan embel-embel “Ultra” dipoisisikan paling tinggi karena dilengkapi spesifikasi yang lebih mumpuni.

Perbedaan paling mencolok terlihat dari ukuran yang lebih bongsor dari kedua “saudaranya”. Samsung Galaxy Tab S9 Ultra datang dengan layar 14,6 inci, sedangkan Galaxy Tab S9 Plus seluas 12,4 inci, dan Galaxy Tab S9 “reguler” adalah 11 inci.

"Kami memberi solusi dengan seamless ecosystem, semua foto dan video yang dicapture oleh Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 bisa di-tap and drag ke Galaxy Tab S9 series. Bisa bekerja secara syncronize," Lo Khing Seng, Head of Mobile Experience Business, Samsung Electronics Indonesia dalam acara peluncuran yang digelar di Kuningan, Jakarta Selatan.

Kendati datang dengan ukuran berbeda-beda, ketiga model kompak mengantongi sertifikasi IP68 (tahan terhadap air dan debu). Adanya sertifikasi ini menjadikan Galaxy Tab S9 series sebagai tablet pertama bikinan Samsung yang dapat tahan air.

Ketiga perangkat juga sama-sama mengusung panel Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate mencapai 120 Hz.

Soal performa, Galaxy Tab S9 series kompak ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Perbedaannya hanya terletak pada opsi RAM dan ruang penyimpanan (storage) yang ditawarkan.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 5 Resmi di Indonesia, Punya Bodi Ringkas dan Engsel Baru

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9 Ultra di Indonesia

Tampilan dari layar depan Samsung Galaxy Tab S9 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Tampilan dari layar depan Samsung Galaxy Tab S9 Ultra
Seperti yang disebut di atas, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Chipset tersebut dipadu dengan RAM 12 GB dan ruang penyimpanan (storage) 256 GB dan 512 GB.

Bila dirasa kurang, kapasitas penyimpanan bisa diperbesar hingga 1 TB melalui slot microSD. Soal daya, perangkat ditopang baterai berkapasitas 11.200 mAH dan mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 45 watt.

Pada sektor fotografi, perangkat dilengkapi dua kamera depan dan dua kamera belakang. Konfigurasi kamera depannya adalah kamera 13 MP disertai Auto Focus dan kamera ultrawide 8 MP, sedangkan kamera belakang adalah kamera utama 12 MP dan kamera utlrawide 12 MP.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 yang dipoles dengan antarmuka OneUI 5.1.1.

Fitur-fitur yang dihadirkan seperti proses editing yang lebih fleksibel dan mulus, dapat berbagi pekerjaan dari Samsung Notes ke Google Meet, hingga terintegrasi dengan sejumlah aplikasi editing.

Aplikasi tersebut terdiri dari GoodNotes (semacam Samsung Noted), Luma Fision (aplikasi edit video), Clip Studio Paint (aplikasi untuk membuat desain grafis), dan ArcSite, khusus pengguna arsitektur atau desain interior.

Samsung Tab S9 series kali ini juga memiliki Multi Window dan Pop-up View. Dalam satu jendela layar, pengguna dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus untuk melakukan pekerjaan multitasking.

Perangkat juga mengadopsi ekosistem Samsung dengan fitur Quick Share. Artinya, tablet bisa langsung terintegrasi dengan sejumlah perangkat Samsung lainnya dengan seamless, seperti Galaxy Z Fold 5 atau Galaxy Z Flip 5.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com