Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Luncurkan OneUI 6 Beta, Pengguna Galaxy S23 Sudah Bisa Coba

Kompas.com - 12/08/2023, 14:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan antarmuka (user interface/UI) terbarunya, yaitu OneUI 6 versi beta. Antarmuka ini didasarkan pada sistem operasi Android 14. Program beta ini sudah bisa dijajal oleh pengguna Samsung Galaxy S23 series.

One UI 6 versi beta hadir dengan sejumlah peningkatan, tetapi yang utama yaitu pada aspek panel control. Di OneUI 6 ada tombol besar ketika pengguna mengakses panel control.

Tombol pertama ditujukan untuk mengendalikan WiFi ponsel, sedangkan tombol besar kedua didesain Samsung untuk Bluetooth. Kedua tombol ini didesain terpisah dari aneka tombol yang biasa ada di panel control.

Kendati demikian, berbagai tombol juga masih tersedia di panel control, meliputi tombol pengaturan audio, rotasi, mode pesawat, konektivitas, lokasi dan aneka tombol lainnya.

Baca juga: Pemilik HP Samsung di Indonesia Bisa Update OneUI 5.1, Apa yang Baru?

Selain itu dua tombol terpisah, OneUI 6 juga menyediakan tombol kecerahan layar (brightness) yang tampak terpisah dengan panel tombol lainnya. Di sini, pengguna bisa menggeser (swipe) tombol untuk mengatur kecerahan layar atau mengaktifkan mode gelap agar lebih nyaman menatap layar.

Masih di panel control, ada pula tombol untuk mengatur perangkat pintar yang terpasang di rumah pengguna, misalnya speaker pintar dan lain sebagainya.

Menurut Samsung, perubahan desain panel control akan memudahkan pengguna ketika mengakses fitur yang paling sering dipakai.

Selain di area panel control, Samsung juga menghadirkan peningkatan pada aspek personalisasi layar kunci. Kini pengguna bisa mengatur layar kunci dengan tampilan yang berbeda, sesuai fitur "Modes and Routines" di ponsel Samsung miliknya.

Samsung juga menghadirkan widget kamera baru yang memungkinkan pengguna menentukan mode kamera dan folder penyimpanan mana yang akan dipakai sebelum memotret. Ada pula emoji baru serta font teks default yang berbeda dari font sebelumnya.

Baca juga: Deretan Fitur Baru OneUI 5.1, dari Kamera hingga Mulititasking

Seperti disebutkan sebelumnya, OneUI 6 dirlis dalam versi beta untuk pengguna lini seri Galaxy S23, meliputi Galaxy S23 "reguler", Galaxy S23 Plus dan Galaxy S23 Ultra di sejumlah negara.

Beberapa negara yang sudah kebagian lebih awal adalah Amerika Serikat, Korea Selatan, Jerman, China, India, Polandia dan Inggris, dihimpun KompasTekno dari Android Central, Sabtu (12/8/2023).

Bila Anda termasuk pengguna yang memenuhi kriteria, Anda bisa mendaftar sebagai penguji beta melalui aplikasi Samsung Members.

Namun perlu diingat bahwa pembaruan versi beta adalah pembaruan yang belum stabil, sehingga berpeluang memiliki bug atau kendala lainnya. Jadi pengguna tidak disarankan mengunduh pembaruan OneUI 6 beta bila tidak ingin mendapati bug atau gangguan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com