Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD Rilis GPU Detective, Aplikasi Pencari Penyebab Error Kartu Grafis

Kompas.com - 21/08/2023, 18:34 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seperti komponen lainnya, kartu grafis (GPU) pada PC bisa mengalami crash alias error, entah berupa game berhenti mendadak atau blackscreen.

Meskipun biang kerok masalah biasanya adalah driver, penyebabnya tak selalu jelas sehingga sulit dicarikan solusinya. Nah, untuk membantu proses troubleshooting, AMD baru-baru ini merilis aplikasi khusus untuk mencari penyebab GPU error.

Aplikasi bernama Radeon GPU Detective tersebut kompatibel dengan GPU AMD dari seri Radeon RX 6000 (RDNA 3) dan RX 7000 (RDNA 4). Syarat pemakaiannya adalah driver Adrenalin versi 23.7.2 atau yang lebih baru, OS Windows 10/11, serta aplikasi Direct X 12.

Baca juga: AMD Gelar Acara Minggu Depan, Umumkan Radeon RX 7700 XT dan RX 7800 XT?

Cara kerjanya adalah dengan menangkap informasi saat terjadi crash, kemudian menyimpannya dalam sebuah file layaknya crash dump saat Windows mengalami blue screen.

"Crash" GPU di sini adalah error Timeout Detection and Recovery, di mana kartu grafis tidak merespon sistem operasi dalam waktu tertentu, biasanya 2 detik. Jika itu terjadi, Windows akan mencoba untuk remove atau restart GPU untuk mencegah restart seluruh sistem.

File dari crash GPU kemudian bisa dibedah. Di sini GPU Detective akan membantu menyelidiki masalah dengan menyediakan fitur-fitur seperti execution marker untuk menandai proses apa yang sedang berlangsung saat crash, serta timeline event di memori.

Baca juga: AMD Gratiskan Game Starfield untuk Pembelian CPU Ryzen dan GPU Radeon

Aplikasi ini sebenarnya ditujukan untuk developer yang mengembangkan software terkait GPU Radeon, namun bisa juga dipakai oleh pengguna secara umum. Asalkan nyaman dengan input berupa command line karena tak ada antarmuka grafis (GUI).

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Windows Central, Senin (21/8/2023), GPU Detective merupakan bagian dari rangkaian Readeon Developer Tool Suite dan bisa diunduh secara cuma-cuma dari situs AMD.

GPU Detective juga bersifat open source dan bisa ikut ditengok di repositori GitHub.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com