Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tombol "Lewati Iklan" YouTube Bakal Lebih Susah Dilihat?

Kompas.com - 23/08/2023, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube tampaknya tengah menguji coba sejumlah elemen desain baru di tampilan antarmuka (UI) mereka.

Salah satunya adalah menguji coba desain teranyar dari tombol yang biasa digunakan untuk melewati iklan yang sedang "lewat" ketika menonton suatu video YouTube, yaitu tombol "Skip Ads".

Berbicara kepada media teknologi SearchEngineLand, pihak YouTube mengatakan bahwa uji coba desain tombol Skip Ads ini dilakukan untuk membuat desain atau UI YouTube lebih bersih dan enak dipandang.

Baca juga: Bisnis Iklan YouTube Terus Menurun

"Kami saat ini tengah menguji coba desain terbaru dari tombol Skip Ads di semua platform. Hal ini bertujuan supaya kami bisa menyuguhkan tampilan YouTube yang lebih modern, seperti apa yang telah kami umumkan tahun lalu," ujar YouTube.

YouTube tidak menjabarkan lebih detail bagaimana tampilan terbaru dari tombol Skip Ads ini. Namun, seorang pegiat platform Google Ads, Thomas Eccel mengungkap bahwa tombol Skip Ads ini nantinya akan lebih kecil dari tombol Skip Ads yang dilihat pengguna sekarang.

Lalu, tombol Skip Ads ini juga akan lebih transparan dari sebelumnya, sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi tombol Skip Ads dengan desain baru yang lebih kecil.Search Engine Land Ilustrasi tombol Skip Ads dengan desain baru yang lebih kecil.

Karena lebih kecil dan transparan, Thomas menyebut bahwa tombol ini akan turut meningkatkan pendapatan iklan dari sebuah video, boleh jadi karena tombol tersebut akan lebih sulit dilihat dan dipencet. 

Hal ini terbilang wajar karena seorang pengguna YouTube yang memenuhi syarat biasanya akan mendapatkan uang dari video yang mereka unggah, namun apabila penonton video tersebut tidak mengeklik tombol Skip Ads. 

Selain lebih kecil, tombol Skip Ads juga kini akan mengadopsi bentuk persegi yang keempat ujungnya melengkung, serta huruf kecil di kata "ads". Sebelumnya, tombol Skip Ads mengusung bentuk persegi dan kata "Ads" memakai huruf kapital.

Nah, karena masih dalam tahap uji coba, belum bisa dipastikan kapan tombol Skip Ads yang lebih kecil ini bisa dilihat pengguna. Pihak YouTube juga belum mengumbar informasi terkait hal tersebut.

Namun yang jelas, ketika nanti dirilis di publik, desain terbaru tombol Skip Ads ini akan muncul di seluruh platform YouTube, baik itu versi web, mobile, atau aplikasi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SearchEngineLand, Rabu (23/8/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com