Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Meluncur Sebentar Lagi, Ini Bocoran Spesifikasinya

Kompas.com - 31/08/2023, 08:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple akan menggelar acara tahunan Apple Event pada 12 September 2023. Konon, Apple bakal mengumumkan iPhone generasi baru yang diyakini bernama iPhone 15 series, dalam acara itu.

Bocoran mengenai iPhone 15 juga sudah banyak beredar di dunia maya. Konon, iPhone 15 series akan hadir dalam empat model, yaitu iPhone 15 versi "reguler", iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Ada pula bocoran yang mengeklaim bahwa iPhone 15 Pro Max akan diubah namanya menjadi iPhone 15 Ultra.

Selain soal nama dan model, bocoran spesifikasi iPhone 15 series juga berseliweran di internet. Berikut ini bocoran spesifikasi masing-masing model yang akan diperkenalkan:

Spesifikasi iPhone 15

Render iPhone 15Shailesh x Maxtech Render iPhone 15
iPhone 15 versi "reguler" diposisikan sebagai varian iPhone 15 series yang paling dasar.

Dari segi desain, bocoran yang ada mengindikasikan bahwa keluarga iPhone 15, termasuk versi "reguler" bakal mengadopsi desain bezel (bingkai) melengkung (curved), seperti yang dimiliki iPhone 11 Pro Max.

Meskipun begitu, layar iPhone 15 series tetap mengusung desain datar alias flat.

iPhone 15 "reguler" mengusung layar OLED 6,1 inci dengan refresh rate 60 Hz. Di bagian layar, ponsel ini dan model iPhone 15 lainnya konon akan dibekali Dynamic Island, yakni poni (notch) interaktif yang mampu menampilkan animasi untuk notifikasi dan aplikasi.

Tahun lalu, Dynamic Island hanya eksklusif terdapat di iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Keempat model iPhone 15 series juga akan memuat kamera selfie dengan resolusi 12 MP.

Beralih ke punggung smartphone, rumornya Apple akan merombak desain modul kamera untuk iPhone 15 series. Akan tetapi, tidak dijelaskan seperti apa perombakan yang dimaksud.

Di sektor fotografi, punggung iPhone 15 "reguler" memuat kamera 48 MP dengan ukuran sensor gambar 1/1,5 inci. Sensor ini lebih kecil daripada sensor 48 MP milik iPhone 14 Pro, tetapi lebih baik daripada sensor 12 MP punya iPhone 14.

Kamera 48 MP ini kemudian ditemani oleh kamera ultra wide dengan resolusi 12 MP.

Punggung ponsel varian standar ini diklaim bakal mengadopsi desain kaca transparan "frosted glass" yang mirip seperti iPhone 14 Pro. Pilihan warna yang tersedia terbagi menjadi hijau, biru terang, dan merah jambu (pink).

Untuk jeroan, iPhone 15 versi "reguler" konon akan diotaki System-on-Chip (SoC) A16 Bionic, yang sebelumnya digunakan pula di iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Baca juga: Gadget yang Bakal Dirilis di Apple Event 12 September, Ada iPhone 15?

Chipset A16 Bionic sudah diuji coba melalui situs benchmark Geekbench 6. Hasilnya, pengujian single-core mendapat skor 2.514 poin, sedangkan multi-core mencapai skor 6.361 poin.

iPhone 15 reguler kabarnya akan dibekali RAM LPDDR5 6 GB dan media penyimpanan (storage) paling rendah 128 GB.

iPhone 15 versi "reguler" kabarnya bakal ditopang dengan baterai berkapasitas 3.877 mAh, dengan pengisian cepat (fast-charging) berdaya 20 Watt.

Keempat model iPhone 15 series ini disebut bakal kompak membawa port USB Type-C untuk pengisian daya dan transfer data. Bila bocoran ini akurat, iPhone 15 series bakal menjadi generasi iPhone pertama yang meninggalkan port Lightning.

Rumornya, kecepatan transfer data iPhone 15 "reguler" dan iPhone 15 Plus, sama seperti iPhone lawas yang masih menggunakan port Lightning.

Tidak diketahui apakah Apple akan memperkenalkan reverse charging nirkabel (wireless) untuk iPhone 15 series. Di sisi lain, iPhone 15 series diklaim akan mendukung pengisian daya wireless Qi2.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com