Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-macam Karakteristik Algoritma dalam Ilmu Komputer

Kompas.com - 02/09/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Algoritma adalah prosedur atau langkah-langkah terstruktur yang digunakan dalam menyelesaikan masalah atau tugas tertentu, khususnya dalam sistem komputasi atau matematika. Tak hanya dalam menyelesaikan masalah, algoritma juga berfungsi untuk mencari solusi terbaik dalam berbagai situasi.

Dalam ilmu komputer atau pemrograman algoritma juga memiliki beberapa karakteristik penting yang perlu diperhatikan. Berikut ini macam-macam karakteristik dalam algoritma.

Baca juga: Pengertian Sorting Algoritma dan Tekniknya dalam Pemrograman

Karakteristik dalam algoritma

Dilansir dari laman geek for geeks, berikut ini beberapa karakteristik dalam algoritma.

Jelas dan tidak ambigu

Algoritma tidak boleh ambigu. Setiap langkahnya harus jelas dalam semua aspek dan harus mengarah pada satu makna saja.

Input terdefinisikan dengan baik

Input haruslah jelas dan terdefinisi dengan baik. Artinya, algoritma harus mengetahui apa yang akan diinputkan ke dalamnya, serta bagaimana memproses input tersebut.

Output terdefinisikan dengan baik

Output (keluaran) harus jelas dan terdefinisi dengan baik. Artinya, algoritma harus memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang akan dihasilkan sebagai output dari prosesnya. Algoritma harus merinci jenis informasi atau hasil yang akan diberikan sebagai hasil akhir.

Finite-ness

Algoritma harus terbatas, ini berarti bahwa sebuah algoritma harus memiliki batasan waktu sehingga akan berakhir atau selesai dalam waktu yang terbatas. Artinya, algoritma tidak boleh berjalan secara tak berujung.

Dengan memiliki batasan waktu yang jelas, ini dapat memastikan bahwa algoritma akan berhenti dengan waktu yang ditentukan. Bahkan jika solusi atau output yang diinginkan belum ditemukan.

Layak

Algoritma harus sederhana, umum, dan praktis, sehingga dapat dijalankan dengan sumber daya yang tersedia.

Independen bahasa

Algoritma yang dirancang harus independen dari bahasa pemrograman, yang berarti algoritma tersebut seharusnya tidak bergantung pada bahasa tertentu. Dalam konteks ini, "bahasa" mengacu pada bahasa pemrograman komputer, seperti Python, Java, C++, dan lainnya.

Baca juga: Pengertian Programmer, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Kepastian

Instruksi dalam suatu algoritma tidak boleh ambigu, tepat, dan mudah ditafsirkan. Dengan mengacu pada salah satu instruksi dalam suatu algoritma, programmer dapat dengan jelas memahami apa yang harus dilakukan.

Efektivitas

Suatu algoritma seharusnya tidak mengandalkan operasi yang sangat rumit atau kompleks. Sebaliknya, harus menggunakan operasi dasar yang sederhana dan mendasar.

Ini berarti bahwa algoritma harus dapat diuraikan menjadi serangkaian langkah-langkah yang mudah dimengerti dan dijalankan.

Demikian pengertian dan karakteristik algoritma dalam ilmu kompuuter. Semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com