Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Razer Perkenalkan Kishi Ultra, Controller Game dengan "Sensa HD Haptics"

Kompas.com - 24/04/2024, 13:03 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.comRazer baru-baru ini meluncurkan controller game mobile terbarunya yang diberi nama Kishi Ultra. Kontroler tersebut memiliki port USB-C sehingga dapat digunakan di berbagai macam perangkat mobile seperti seri iPhone 15 dan kebanyakan ponsel Android.

Menurut Razer, Kishi Ultra bisa mengakomodir ponsel flagship seperti Samsung Galaxy S, Google Pixel, Razer Edge, serta dapat dibentangkan agar sesuai dengan ukuran iPad Mini dan tablet Android 8 inci atau setara 20 cm.

Salah satu fitur yang menarik juga turut disertakan, yakni Razer Sensa HD Haptics, yang diklaim mampu menangkap audio apa pun, seperti game, musik atau film, dan mengubahnya menjadi haptics. 

Haptics sendiri merupakan teknologi yang memberikan umpan balik sensorik berupa sensasi gerakan serta getaran pada hardware dan gadget.

Baca juga: Razer Kishi Sulap Ponsel Android Jadi Mirip Nintendo Switch

Ilustrasi Kishi Ultra dari RazerRazer Ilustrasi Kishi Ultra dari Razer

Pada Kishi Ultra, haptics memungkinkan pengguna agar dapat merasakan getaran dan gerakan yang sesuai dengan aksi dalam game, sehingga memberikan sensasi yang lebih mendalam dan responsif serta meningkatkan pengalaman pengguna saat bermain game.

Kishi Ultra adalah produk komersial pertama dari Razer yang dilengkapi dengan Sensa HD Haptics. Namun, Sensa HD Haptics untuk saat ini baru dapat berjalan di perangkat berbasis Windows 11 dan Android 12 atau yang lebih baru, dan belum dapat berjalan di iOS.

Kontroler ini juga dibekali dengan sepasang lampu Chroma RGB kecil yang dapat dikustomisasi dan colokan audio jack 3,5 mm untuk koneksi headphone berkabel (wired) yang berada tepat di bawah joystick.

Terdapat pula tombol mecha-tactile ABXY dan D-Pad 8 arah yang diklaim “sangat responsif dan nyaman”. Kishi Ultra turut dilengkapi dengan Hall Effect trigger untuk memaksimalkan akurasi dan respons kontroler.

Baca juga: Razer Rilis Laptop Gaming Blade 16 Edisi Lamborghini

Ada juga cincin anti gesekan (anti-friction rings) di stik jempol analog yang dibuat dengan karet medical-grade, yang disebut Razer memiliki daya tahan tinggi sehingga tidak cepat aus.

Ada tombol L4/R4 pada Razer Kishi Ultra yang terletak di bagian atas stik dan dapat diprogram. Tombol-tombol ini menawarkan pengaturan kontrol yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk mengoptimalkan pengalaman saat bermain game.

Untuk dapat menggunakan Kishi Ultra, pengguna perlu mengunduh aplikasi Razer Nexus terlebih dahulu yang tersedia di iOS dan Android. Aplikasi ini dapat meluncurkan game mobile dan sudah terintegrasi dengan Apple Arcade, Xbox Game Pass, dan Google Play Store.

Razer juga mengumumkan generasi terbaru dari kontroler game versi terjangkau, yakni Kishi V2, dengan port USB-C, untuk perangkat mobile iPhone 15 dan Android. Baik Kishi Ultra dan V2, sama-sama telah mendukung penggunaan dengan kabel di PC dan iPad

Baca juga: Razer Luncurkan Seiren V3 Chroma, Mikrofon RGB untuk Gamer dan Streamer

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Rabu (24/4/2024), kedua kontroler kini telah tersedia di berbagai toko maupun secara online. Kishi Ultra dibanderol 150 dollar AS (Rp 2,4 juta), sementara Kishi V2 dijual seharga 99 dollar AS (Rp 1,6 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com