Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan ChatGPT di Laptop, HP Android, dan iPhone dengan Mudah

Kompas.com - 04/09/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna di masa sekarang ini kiranya perlu untuk mengetahui cara menggunakan ChatGPT. Sebab, program chatbot AI (Artificial Intelligence) buatan OpenAI itu mampu membantu menyelesaikan pekerjaan pengolahan teks dengan cepat.

Misalnya, pengguna bisa meminta ChatGPT untuk membuat artikel, esai, surat, dan masih banyak lagi produk pengolahan teks lainnya. Semua produk pengolahan teks itu dapat disusun dengan cepat oleh ChatGPT.

Baca juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja via ChatGPT, Mudah Tinggal Masukkan Perintah

Cara menggunakan ChatGPT

Lantas, bagaimana cara menggunakan ChatGPT? Cara menggunakan ChatGPT untuk menyusun berbagai teks itu cukup mudah. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin telah memahami caranya.

Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara menggunakan ChatGPT. Perlu diketahui, terdapat beberapa cara menggunakan ChatGPT yang bisa dilakukan pengguna. Pengguna bisa menggunakan ChatGPT di laptop ataupun di HP (handphone).

Adapun penjelasan masing-masing cara menggunakan ChatGPT, baik di laptop maupun di HP adalah sebagai berikut.

Cara menggunakan ChatGPT di laptop

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com via browser di laptop dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik prompt atau teks perintah pada ChatGPT untuk mengolah teks sesuai keinginan.
  • Kirim prompt tersebut dan tunggu beberapa saat hingga ChatGPT menyajikan tanggapan sesuai perintah.
  • ChatGPT bisa menyajikan beberapa versi tanggapan.
  • Bila kurang puas dengan tanggapan yang dihasilkan, pengguna bisa meminta ChatGPT buat menyajikan versi lain tanggapan itu dengan klik opsi “Regenerate response”.

Ilustrasi cara menggunakan ChatGPT di laptop.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan ChatGPT di laptop.

Baca juga: Cara Membuat Kesimpulan Otomatis dengan ChatGPT buat Skripsi, Esai, Artikel, dll

Cara menggunakan ChatGPT di HP Android dan iPhone

ChatGPT sekarang tidak hanya tersedia dalam versi website, tetapi juga aplikasi HP. Jadi, pengguna bisa langsung mengakses layanan ChatGPT dengan memakai aplikasi ChatGPT di HP. Aplikasi ChatGPT kini telah tersedia untuk HP Android dan iPhone.

Untuk menggunakan ChatGPT di HP Android dan iPhone, penjelasan caranya adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi ChatGPT di HP Android atau iPhone melalui masing-masing toko aplikasi, yakni Google Play Store dan App Store.
  • Setelah terunduh dan terinstal di HP, silakan buka dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Jika sudah berhasil masuk, pada ruang obrolan, masukkan pertanyaan atau perintah ke ChatGPT bebas sesuai keinginan.
  • Setelah itu, ChatGPT bakal menyajikan tanggapan sesuai dengan pertanyaan atau perintah tersebut.
  • Pengguna bisa mengakses riwayat obrolan yang pernah dibuat pada ChatGPT dengan mengetuk ikon titik tiga dan klik opsi “History”.
  • Lewat opsi tersebut, pengguna bisa melanjutkan kembali percakapan yang telah dibuat sebelumnya dengan ChatGPT.

Ilustrasi cara menggunakan ChatGPT di HP.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan ChatGPT di HP.

Itulah cara menggunakan ChatGPT, baik di laptop maupun di HP, cukup mudah bukan? Jika melihat pada penjelasan di atas, cara menggunakan ChatGPT di laptop ataupun di HP pada dasarnya sama saja, yaitu harus memasukkan perintah atau prompt terlebih dahulu.

Prompt ChatGPT merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan. Untuk menghasilkan tanggapan yang sesuai keinginan, pengguna harus memasukkan teks perintah atau prompt yang detail dan spesifik pada ChatGPT.

Teks perintah itu harus detail supaya memudahkan ChatGPT dalam menyajikan prediksi yang tepat sebagai sebuah tanggapan. Sebagai informasi, ChatGPT pada dasarnya adalah program yang menghasilkan serangkaian prediksi teks.

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut cara kerjanya, berikut adalah penjelasan mengenai apa itu ChatGPT.

Apa itu ChatGPT?

Perlu diketahui, ChatGPT adalah program Artificial Intelligence (AI) berbasis Language Model (model bahasa) yang dikembangkan OpenAI. Program ini muncul pertama kali secara umum sejak sekitar akhir tahun lalu.

Secara konsep, Language Model merupakan mesin pembelajaran yang dapat menyajikan prediksi kata dengan menganalisis teks dalam sebuah data. Prediksi itu menjadi respons atau output dari perintah teks yang diinput pengguna pada Language Model.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com