Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi dengan Chat GPT dan Contoh Perintahnya

Kompas.com - 13/07/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Chat GPT merupakan program Artificial Intelligence (AI) berbasis Languange Model yang dirancang untuk dapat menyajikan jawaban atau tanggapan dari beragam pertanyaan dan perintah pengguna.

Kemampuan ChatGPT itu dapat dimanfaatkan pengguna di berbagai bidang aktivitas, termasuk salah satunya membantu menyusun skripsi. Untuk diketahui, skripsi atau karya ilmiah akhir untuk pendidikan sarjana, terdiri dari beberapa proses dan bagian.

Baca juga: 5 Tips Memanfaatkan ChatGPT untuk Membantu Menghasilkan Uang

Salah satu bagian itu adalah kata pengantar. Di skripsi, kata pengantar berfungsi untuk menyajikan beberapa informasi seperti cerita pengguna selaku penulis utama dalam melakukan proses penelitian dan gambaran umum penelitian yang diangkat.

Selain itu, kata pengantar biasanya juga berisi ucapan terima kasih kepada beberapa pihak yang membantu pengguna dalam menyelesaikan penelitian. Menyusun tulisan untuk kata pengantar dengan berisi informasi-informasi itu tidak bisa dibilang pekerjaan yang mudah.

Akan tetapi, meski tak mudah, pengguna bisa membuat kata pengantar skripsi dengan memanfaatkan kemampuan dari Chat GPT. Lantas, bagaimana cara menggunakan Chat GPT untuk membuat kata pengantar skripsi.

Cara menggunakan Chat GPT untuk membuat kata pengantar skripsi situ cukup mudah. Bila tertarik untuk menggunakan program AI buatan OpenAI ini, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat kata pengantar skripsi dengan Chat GPT.

Cara membuat kata pengantar skripsi dengan Chat GPT

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik prompt atau teks perintah pada Chat GPT untuk membuatkan kata pengantar skripsi sesuai keinginan.
  • Kirim prompt tersebut dan tunggu beberapa saat hingga Chat GPT menyajikan contoh kata pengantar skripsi yang dapat dipakai
  • Chat GPT bisa menyajikan beberapa versi tanggapan.
  • Bila pengguna kurang puas dengan tanggapan yang dihasilkan, pengguna bisa meminta ChatGPT buat menyajikan versi lain dari tanggapan itu dengan klik opsi “Regenerate response”.

Ilustrasi cara membuat kata pengantar skripsi dengan Chat GPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat kata pengantar skripsi dengan Chat GPT.

Itulah cara membuat kata pengantar skripsi dengan Chat GPT, cukup mudah bukan? Perlu diketahui, supaya bisa menghasilkan tanggapan yang sesuai, pengguna harus memasukkan prompt Chat GPT dengan tepat.

Contoh prompt Chat GPT yang dapat dipakai untuk membuat kata pengantar skripsi bisa dilihat lebih lanjut di bawah ini.

Baca juga: Perkembangan ChatGPT hingga Bisa Menjalankan Berbagai Tugas Seperti Sekarang

Contoh prompt Chat GPT untuk membuat kata pengantar skripsi

  • Tolong buatkan contoh kata pengantar skripsi berjudul “ABCD”. Kata pengantar skripsi tersebut harus memuat ucapan terima kasih kepada “A”, “B”, dan “C”.
  • Tolong buatkan kata pengantar skripsi dengan harus memuat informasi sebagai berikut:
    • Identitas peneliti: nama dan jurusan
    • Judul skripsi: ABCD
    • Gambaran umum skripsi: “EFGHIJK”
    • Ucapan terima kasih: kepada “A”, “B”, dan “C”

Demikianlah contoh prompt Chat GPT yang dapat dipakai untuk membuat kata pengantar skripsi. Pengguna tak wajib sama persis mengikuti contoh di atas. Pengguna dapat menyesuaikan sendiri kata-kata prompt Chat GPT sesuai kebutuhan.

Yang terpenting, dalam menyusun prompt Chat GPT, pengguna harus dapat memberikan informasi yang spesifik dan detail untuk menjelaskan keinginannya. Dengan kemampuan Chat GPT, pembuatan kata pengantar skripsi menjadi lebih mudah.

Akan tetapi, meski jadi lebih mudah, ChatGPT pada dasarnya memiliki keterbatasan. Oleh karena itu, pengguna perlu memahami keterbatasan ChatGPT, sehingga dapat menggunakannya secara tepat dan bijak.

Beberapa keterbatasan ChatGPT yang perlu dipahami dulu sebelum menyusun skripsi atau mengerjakan tulisan lainnya, bisa dilihat lebih lanjut pada penjelasan di bawah ini.

Keterbatasan ChatGPT

ChatGPT masih memiliki potensi untuk menyajikan informasi yang tidak akurat. Oleh karena itu, dalam menyusun skripsi, pengguna hendaknya tidak mengambil langsung informasi yang disampaikan Chat GPT,

Informasi yang disajikan Chat GPT sangat disarankan hanya dipakai sebagai contoh atau bahan mentah untuk menyusun skripsi. Pengguna harus senantiasa memeriksa atau memverifikasi kembali validitas informasi yang disajikan Chat GPT.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Bing AI dan ChatGPT

Kemudian, untuk diketahui pula, ChatGPT punya keterbatasan dalam segi pemahaman informasi atau peristiwa di konteks waktu tertentu. ChatGPT saat ini hanya dibekali pemahaman informasi sampai 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com